kura kura raksasa aldabra

Satwa
kura kura raksasa aldabra
2 Juli 2017
1517

Kura -kura raksasa Aldabra (Aldabrachelys gigantea), dari pulau Atol Aldabra di Seychelles, adalah salah satu kura-kura terbesar di dunia. Secara historis, kura-kura raksasa berada di banyak pulau Samudera Hindia barat, serta Madagaskar, dan catatan fosil menunjukkan kura-kura raksasa pernah ada di setiap benua dan banyak pulau kecuali Australia dan Antartika.

Banyak spesies kura kura di Samudra Hindia diperkirakan terdesak oleh eksploitasi berlebihan oleh para pelaut Eropa, dan semuanya tampak punah pada tahun 1840 kecuali kura-kura raksasa Aldabra di atol pulau Aldabra. Meskipun beberapa individu yang tersisa dari A. g. Hololissa dan A. g. Arnoldi mungkin tetap berada di penangkaran.

cirinya adalah memiliki Karapaks yang berwarna coklat dengan bentuk kubah yang tinggi keatas. bentuk kaki yang gempal dan berat karena menopang tubuhnya yang berat. Leher kura-kura raksasa Aldabra sangat panjang, lehernya berfungsi untuk meraih makanan yang ada di cabang pohon bahkan hingga satu meter dari tanah.

Mirip dengan ukuran kura-kura raksasa Galápagos yang terkenal, karapasnya rata-rata 122 cm dengan berat rata-rata 250 kg. kura kura Betina umumnya lebih kecil dari jantan, dengan spesimen rata-rata memiliki panjang 91 cm dan berat 159 kg. 

sumber 

https://en.wikipedia.org/wiki/Aldabra_giant_tortoise

Tentang Penulis
rizal sunanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-07-28
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *