Konservasi Penyu bersama Aksi Konservasi Yogyakarta

Artikel
Konservasi Penyu bersama Aksi Konservasi Yogyakarta
Aktivitas, Ekowisata, Flora, Kelautan, Lain-lain, Perubahan Iklim, Satwa, Tata Kelola Sampah
83
23 Januari 2023
Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Penulis
Fidelis Anjalika
1
posting

Hallo Biodiversity Warriors!

Yuk kenalan dengan Komunitas Aksi Konservasi Yogyakarta a.k.a. 4K (fourkey). Aksi Konservasi Yogyakarta merupakan sebuah komunitas anak muda yang bergerak di bidang pendidikan lingkungan terkhususnya mengenai Konservasi Penyu dan Ekologinya di Pantai Pelangi Yogyakarta. Minimnya kesadaran masyarakat Yogyakarta terhadap kelestarian penyu serta buruknya ekosistem pesisir yang disebabkan oleh sampah laut menjadi latar belakang terbentuknya Aksi Konservasi Yogyakarta. Selain itu, Aksi Konservasi Yogyakarta juga memiliki program untuk mensejahterakan konservator penyu di Pantai Pelangi.

Program pendidikan lingkungan yang telah dilakukan oleh Aksi Konservasi Yogyakarta antara lain; pelaksanaan susur pantai, perawatan kawasan konservasi, edukasi konservasi ke generasi muda, pengolahan sampah laut berkelanjutan dan perbaikan ekosistem pesisir. Susur pantai merupakan salah satu metode pendidikan lingkungan yang memiliki peminat yang cukup tinggi karena masyarakat umum bisa merasakan pengalaman menjadi konservator penyu (pencarian sarang penyu, pengamatan penyu bertelur, dan pemindahan telur penyu menuju sarang semi alami). Tak luput juga bagaimana usaha Aksi Konservasi Yogyakarta dalam menyelesaikan permasalahan sampah laut yang ada, seperti bekerja sama dengan Start Up Bank Sampah sehingga sampah laut dapat didaur ulang.

Kesejahteraan konservator di Pantai Pelangi juga menjadi sorotan bagi Aksi Konservasi Yogyakarta, mengingat di periode sebelumnya ketika komunitas ini belum terbentuk, konservator selalu mengalami kerugian dalam mengurusi konservasi penyu di Pantai Pelangi. Kerugian yang dialami Pantai Pelangi setiap tahunnya mencapai 20 Juta Rupiah. Kerugian konservator disebabkan karena minimnya kepedulian stakeholder terkait terhadap konservasi penyu, sehingga mengakibatkan konservator menggunakan uang pribadinya untuk mengurusi konservasi agar dapat berjalan secara berkelanjutan. Saat ini Pantai Pelangi sudah tidak mengalami kerugian berkat adanya sinergisitas antara Aksi Konservasi Yogyakarta dan Konservator, hal ini bisa tercapai dikarenakan adanya program ekoeduwisata berbasis pendidikan lingkungan bagi masyarkat umum.

Jangan lupa kunjungi akun instagram @4k.yogyakarta dan ikuti kegiatan konservasi di Pantai Pelangi.

1
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *