Kayu Ular

Article
Kayu Ular
Flora
4440
26 June 2015
Author
Nadia Putri Rachma
127
posting

Divisi        : Magnoliophyta
Kelas        : Magnoliopsida
Bangsa     : Gentianales
Suku        : Loganiaceae
Marga       : Strychnos
Jenis         : Strychnos ligustrina
Sinonim     : Strychnos lucida

Kayu ular merupakan tanaman yang menyerupai tanaman jeruk dan hidup di daerah yang kering berbatu dan dekat dengan pantai. Tanaman ini memiliki bentuk cabang yang tidak beraturan, dari situlah mungkin dinamakan kayu ular. Kayu ular memiliki karakter kayu yang kuat dan keras serta dapat tumbuh hingga ketinggian 12 meter diatas permukaan tanah.

Deskripsi Morfologi

Secara morfologi kayu ular merupakan pohon kecil bercabang tidak teratur, tegak, tinggi mencapai 12 m, tumbuh liar di hutan dekat pantai. Kayunya keras dan kuat. Daun tunggal, bertangkai, letak berseling, bentuk oval, tepi rata, ujung runcing, panjang 6-12 cm, lebar 3,5-8,5 cm.

Bunga ke luar dari ujung tangkai, buah bulat, diameter + 4 cm, warna kuning kemerahan. Batangnya mempunyai kayu yang keras dan kuat berwarna kuning pucat dan tidak berbau. Dan seluruh bagian tanaman ini rasanya pahit.

Kandungan Zat Kimia

Kayu ular memiliki kandungan zat saponin dan alkaloid yang terdapat di setiap bagian tumbuhan ini. selain itu terdapat pula kandungan antioksidan dan zat anti mikroba di bagian kayu dan bijinya. 

Senyawa kimia ini dapat masuk dan mempengaruhi jantung, hati, paru-paru, usus besar, dan usus kecil, sedangkan efek farmakologisnya yaitu memiliki rasa pahit.

Manfaat dan Khasiat

Pada sebagian masyarakat kayu ular juga dimanfaatkan untuk menyegarkan muka, membangkitkan nafsu makan, obat rematik (nyeri persendian), sakit perut, bisul (obat luar), kurap (obat luar), dan radang kulit bernanah (obat luar). Di samping itu kayu ular juga memiliki sifat khas pahit mendinginkan, melancarkan peredaran darah, membersihkan darah, dan beracun juga sebagai tumbuhan obat tradisional yang dapat menyembuhkan penyakit diabetes mellitus

 

 

Sumber:

  • http://usuirham1006.blogspot.com/2013/01/manfaat-klasifikasi-dan-kandungan-kayu.html
  • http://www.kesehatanpedia.com/2014/11/manfaat-kayu-ular-papua.html
  • http://ruangsetapak.blogspot.com/2014/02/pohon-kayu-ular-mempunyai-nama-ilmiah.html

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *