Katak Batu endemik indonesia

Satwa
Katak Batu endemik indonesia
13 Juli 2017
1433

 

Kodok batu atau saklon Merupakan jenis katak sungai yang umum ditemukan di sungai-sungai di Jawa. Katak ini juga dapat ditemukan di Sumatera Selatan dan Lampung. Hingga hari ini status katak ini adalah rawan (Vulnerable). Hal ini dikarenakan banyak dari masyarakat kita yang mengkonsumsi katak ini. Katak Batu adalah salah satu dari jenis katak terbesar di dunia. 

katak ini memiliki Nama ilmiah Limnonectes macrodon, dari bahasa Latin yang berarti bergigi besar (makros, besar; don, gigi), merujuk pada tonjolan tulang menyerupai taring pada rahang bawah. Kodok ini disebut juga dengan nama bangkong batustone creek-frog atau giant javan-frog Kodok yang sering dijumpai di tepi saluran air dan aliran sungai yang jernih. Jarang jauh dari aliran air.

Kodok batu biasanya kawin pada saat bulan mati, yang betina meletakkan telurnya dalam sebuah gumpalan lengket di kolam atau genangan dekat sungai. Jumlah telurnya dapat mencapai 1000 butir.Pada masa lalu kodok ini dianggap menyebar luas mulai dari India hingga ke Asia Tenggara dan Kepulauan Nusantara. Namun kini banyak populasinya yang telah dideskripsi dengan lebih baik dan digolongkan ke dalam spesies yang lain. Penyebaran L. macrodon sekarang kemungkinan hanya meliputi Jawa dan Sumatra selatan.  

https://id.wikipedia.org/wiki/Kodok_batu

Tentang Penulis
rizal sunanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-07-28
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *