Julang Emas

Artikel
Julang Emas
Satwa
1649
15 April 2015
Universitas Sumatera Utara
Penulis
David Pasaribu
170
posting

Burung ini mempunyai ukuran sedang di dalam kelompoknya, panjang tubuh mencapai 100 cm. Burung julang emas bulu bagian punggung, sayap,  perutnya berwarna hitam dan ekornya berwarna putih. Mempunyai mata berwarna kuning, kulit di sekitar mata berwarna merah. Paruh berwarna kuning gading dengan bangunan yang terbuat dari bahan tulang, bentuk mirip tanduk yang berada di atas paruh. Kaki berwarna hitam. Burung yang berjenis kelamin jantan, bulu kepala berwarna krem, bulu alis kemerahan. Kantung leher berwarna kuning, tidak berbulu dan terdapat garis berwarna hitam. Sedangkan burung yang berjenis kelamin betina, kepala dan leher berwarna hitam, kantung keher berwarna biru, tidak ditumbuhi bulu. 

SUMBER GAMBAR : lintangluku.net

Pada waktu bereproduksi hidup berpasangan, namun akan membentuk kelompok di luar waktu musim reproduksi. Burung ini menyukai terbang tinggi di atas hutan dengan kepakan sayap yang berat dengan kepala tampak menjulur ke depan. 

Julang emas betina bertelur 2 butir, telur dierami oleh yang betina di dalam lubang pohon. Selama mengerami yang betina mendapan kebutuhan pakan jari yang jantan dengan jalan disuapi melewati lubang. Lubang pohon tinggal disisakan sebesar ukuran paruh, penutup lubang menggunakan lumpur dan air liurnya. 

Julang emas memiliki penyebaran global yaitu di India Timur, Cina Barat Daya, Asia Tenggara, Semenanjung Asia, Malaysia, Kalimantan, Sumatera, Jawa dan Bali. Habitat hidupnya di hutan.

 

Salam Rimba

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *