Jeruju Tanaman Kaya Manfaat

Flora
Jeruju Tanaman Kaya Manfaat
25 Juni 2015
60769

 Jeruju | Holly Manggrove | Acanthus ilicifolius L.

Gambar 1. Perawakan tanaman jeruju

Gambar 3. Perbungaan tanaman jeruju

Gambar 4. Buah tanaman jeruju

   Tanaman Jeruju memiliki nama daerah yang berbeda-beda Jeruju (Melayu), daruju (Jawa). Jeruju atau Acanthus ilicifolius tumbuh liar di daerah pantai, tepi sungai, serta tempat lain yang tanahnya berlumpur dan berair payau, merupakan semak tahunan, berbatang basah, tumbuh tegak atau berbaring pada pangkalnya, tinggi 0,5-2 m, berumpun banyak. Batang bulat silindris, agak lemas, permukaan licin, berwarna kecokelatan, berduri panjang dan runcing. Daun tunggal, bertangkai pendek, letak berhadapan bersilang. Helaian daun berbentuk memanjang atau lanset, pangkal dan ujung runcing, tepi bercangap menyirip dengan ujung-ujungnya berduri tempel, panjang 9-30 cm, lebar 4-12 cm. Bunga majemuk berkumpul dalam bulir yang panjangnya 6-30 cm, keluar dari ujung batang, mahkota bunga berwarna ungu kebiruan. Buahnya berupa buah kotak, bulat telur, panjang ± 3 cm, berwarna cokelat kehitaman. Biji berbentuk ginjal, jumlahnya 2-4 buah. Akarnya berupa akar tunggang, berwarna putih kekuningan. Daruju dapat diperbanyak dengan biji.

   Daun jeruju dapat diolah menjadi aneka panganan seperti keripik dan teh jeruju. Menurut penelitian jeruju mengandung flavonoid dan asam amino, dalam pengobatan China tanaman ini dikatakan dapat bersifat antiradang, ekspektoran, anti neoplastic, dan pembersih darah. Selain itu dari informasi masyarakat, jeruju dapat menyembuhkan radang hati, kanker hati, hepatitis beberapa radang terkait bisul untuk memperce[at matang dan meledaknya bisul, radang tenggorokan pada batuk.

Klasifikasi Tanaman Jeruju

             Kingdom: Plantae
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Lamiales
Familia: Acanthaceae
Genus: Acanthus
Spesies: Acanthus ilicifolius L.

 Gambar 4. Pemanenan daun muda jeruju untuk diolah menjadi keripik dan teh jeruju.

 Gambar 5. Pencacahan daun jeruju yang dibuat teh

 Gambar 6. Keripik jeruju yang telah diolah

   Daun Acantus ilicifolius digunakan untuk mengobati rematik, neuralgia dan luka akibat racun panah (Malaysia). Secara umum dipercaya oleh kelompok masyarakat pesisir dengan mengunyah daun akan melindungi terhadap gigitan ular. Biji Acantus ilicifolius yang ditumbuk digunakan untuk mengobati bisul, jus daun untuk mencegah rambut rontok. Kedua spesies juga digunakan untuk mengobati batu ginjal. Seluruh tanaman direbus dalam air tawar, dan pasien minum larutan bukan air, setengah gelas pada satu waktu, sampai tanda-tanda dan gejala hilang (Thailand). Air diekstraksi dari kulit kayu digunakan untuk mengobati pilek dan alergi kulitTeh diseduh dari daun mengurangi rasa sakit dan memurnikan darah.

Sumber :

  1. Dharya, S. & Vidhu, A. Phytochemical and pharmacological potential of Acanthus ilicifolius. J. Pharm Bioallied Sci. 2013 Jan-Mar; 5(1): 17–20.
  2. Bose, S. & Arti Bose. Antimicrobial Activity of Acanthus ilicifolius (L.). Indian J Pharm Sci. 2008 Nov-Dec; 70(6): 821–823.
  3. http://mangrove.nus.edu.sg/guidebooks/text/1046.htm
  4. http://www.naturia.per.sg/buloh/plants/sea_holly.htm
  5. http://kasiat-alam.blogspot.com/2014/11/kasiat-25-jeruju-penakluk-kanker-hati.html
  6. http://www.khasiatherba.com/ubat/khasiat-pokok-jeruju.html
  7. http://herbaladvantage.blogspot.com/2013/04/khasiat-daruju-jeruju-tumbuhan-air-payau.html
  8. http://www.tanobat.com/daruju-jaruju-ciri-ciri-tanaman-serta-khasiat-dan-manfaatnya.html
  9. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3612333/
  10. http://link.springer.com/referenceworkentry/10.1007%2F978-0-387-70638-2_22
  11. http://www.researchgate.net/publication/228473520_Acanthus_ilicifolius_linn.-lesser_known_medicinal_plants_with_significant_pharmacological_activities
Tentang Penulis
Arif Rudiyanto
Yayasan Kanopi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2015-07-08
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *