Jering, Jengkol

Article
Jering, Jengkol
Flora
1654
16 June 2015
Fakultas Kehutanan
Author
Abednego Togatorop
110
posting

JERING / JENGKOL (Pithecelobium jiringa)

Siapa yang tidak mengenal tanaman/pohon Jengkol ini? Jengkol adalah asli dari Indonesia. Hampir seluruhnya dapat dimanfaatkan. Mulai dari batang jenis kayunya, daunnya, bijinya atau buahnya. Tinggi tanaman ini bisa berkisar hingga 35-30 meter. untuk perkecambahan dan buah mudanya digolongkan kedalam legum-legum atau jenis polong-polongan dengan bentuk yang tidak beraturan. 

Di Sumatera Utara, biji Jering atau Jengkol biasanya berbentuk gepeng dan tidak beraturan dengan diameter 4cm dengan warna hijau dan kecoklatan. 

sumber gambar : suvianchoeruman.wordpress.com

Untuk pemanfaatannya. Kayu dari tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk kayu bakar, perabotan rumah tangga, jenis-jenis peti mati yang relatif padat dan kuat. Untuk biji dapat dikonsumsi sebagai lauk ringan,sayur,apalagi digoreng dan disambal yang menjadi favorit masakan khas sumatera untuk bahan baku jengkol. Untuk daun Jengkol bisa dipakai dalam hal pertolongan pertama atau obat luka, dan setelah diteliti ternyata rebusan dari hasil babakan dapat menurunkan kadar glukosa darah, peringanan rambut dan pencucian rambut. Untuk bahan pewarna juga, hampir seluruh jenis kulit bisa dimanfaatkan seperti kulit batang, kulit daun, kulit biji dan kulit buah.

 

Jengkol juga bisa diracik menjadi bahan makanan berupa keripik yang sering diolah di berbagai penjuru indonesia menjadi khas dan santapan ringan penduduk indonesia.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *