Ikan Gulamah atau Tigawaja

Article
Ikan Gulamah atau Tigawaja
Animal
16910
25 June 2015
Author
Syamsul Anwar Maulana
47
posting

Ciri ikan gulamah adalah Ikan gulamah mempunyai bentuk badan memanjang, seluruh bagian kepala tertutup sisik kecuali ujung moncong. Bermulut lebar, gigi-gigi besar dan kecil pada rahangnya. Gigi besar pada bagian ujung rahang atas, tanpa gigi taring (http://www.iftfishing.com/blog/mancing/fishypedia/ikan-gulamah/).

Warna dasar yang dimiliki ikan ini adalah putih keabuan dengan adanya strip-strip yang bergelombang. Terdapat di bagian atas badan suatu ban kuning pucat memanjang di atas garis rusuk. Totol hitam pada pangkal sirip dada, juga pada penutup insang. Sirip-sirip sebagin kuning sebagian gelap. Ukurannya dapat mencapai panjang 38 cm, umumnya 25-30 cm (http://www.iftfishing.com/blog/mancing/fishypedia/ikan-gulamah/).
 
Sumber gambar: http://www.iftfishing.com/blog/mancing/fishypedia/ikan-gulamah/
 
Ikan gulamah mempunyai bentuk badan memanjang, seluruh bagian kepala tertutup sisik kecuali ujung moncong. Pada dagu tidak mempunyai janggut. Sirip punggung tidak terputus, dengan lekukan yang dalam antara bagian sirip yang berjari-jari keras dengan bagian sirip yang berjari-jari lemah. Tipe gelembung renangnya ottolithides. Gelembung renang ini berfungsi sebagai ruang resonasi untuk memperkeras suara yang dihasilkan oleh otot-otot di sekelilingnya. Suara ini keluar secara alami khususnya saat musim berkembang biak. Sirip ekor berbentuk lancet, seluruh badan dan kepala bersisik sikloid, 10-13 sisir saring pada lengung bawah insang. Termasuk jenis ikan omnivora namun lebih cenderung ke carnivora; pakan alaminya ikan kecil, udang, serasah. (Kottelat, et al. dalam Muthmainnah, 2009)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *