Ikan Depik

Satwa
Ikan Depik
20 Juni 2017
1567

Kerajaan              : Animalia

Filum                   : Chordata

Kelas                    : Pisces

Ordo                     : Ostariophysi

Famili                   : cyprinidae

Genus                   : Rasbora

Spesies                 : Rasbora tawarensis  

Merupakan salah satu hewan endemik Indonesia. Ikan Depik memiliki habitat di Danau Laut Tawar Aceh Tengah. Ikan ini memiliki morfologi yakni kecil menyerupai ikan teri. Morfologi Ikan Depik adalah perutnya pipih membetuk siku, sambungan tulang rahang atas membentuk cekungan. Sirip punggung tidak berjari-jari keras, permulaan siripnya di tengah-tengah antara hidung dengan sirip ekor dan garis rusuk lengkap. Panjang umumnya 120 mm.

Ikan Depik  jantan lebih kurus dari pada ikan Depik betina. Ikan Depik bersifat heterosekssual, karena ikan jantan dan betina terdapat dalam induvidu yang berbeda. Ikan depik biasanya memangsa krustase kecil dan larva akan lebih disukai. Anak ikan Depik cendrung memakan alga.

Ikan Depik hidup pada suhu optimum 20-27 √¢¬Å¬∞C dengan derajat keasaman pH 6,7 – 8,6. Dissolve oxygen berkisar antara 5-8 ppm. Hidup  pada daerah yang memiliki tumbahan air (Hydrilla verticilata) yang cukup baik. 

Ikan Depik dahulu jumlahnya melimpah di Danau Lot Tawar. Akan tetapi, ketika invasi ikan Mujair maka jumlah ikan Depik menurun drastis dikarenakan Ikan Mujair memangsa Ikan Depik. Bahkan dalam IUCN redlist, ikan depik dikategorikan dalam hewan yang "rentan"

Referensi

Sumber gambar: www.lintasgayo.com

Sumber bacaan: www.seputaraceh.com

Tentang Penulis
Muhammad Abrar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-07-28
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *