Ikan Belida/Lopis/belido/ ikan pipih

Satwa
Ikan Belida/Lopis/belido/ ikan pipih
10 Januari 2015
3032

Ikan belida termasuk jenis ikan yang berukuran sedang, panjang tubuhnya dapat mencapai 90 cm. Bentuk tubuhnya pipih memanjang, dari samping oval memanjang dengan bagian punggung nampak menonjol. Tubuhnya terdapat sisik-sisik yang ukurannya amat kecil, garis linia lateralis tampak jelas. Sirip dada dan perut posisinya di bagian depan, dekat dengan tutup insang, sedang sisip anal nampak memanjang dari belakang sirip perut ke arah belakang dan menyatu dengan  sirip ekor yang bentuk runcing. Sirip punggung posisinya tepat ditengah tubuh, bentuk mirip layar, namun berukuran kecil. Mata berukuran besar. Warna tubuhnya metalik, abu-abu kebiruan, di bagian dorso-ventral tubuh terdapat pola-pola lingkaran berwarna hitam dengan bingkai putih yang jumlahnya enam pasang di lateral tubuh.

 
Ikan belida tampak pergerakannya lamban, namun ikan ini dapat bergerak amat cepat jika memangkap mangsanya. Dapat bergerak ke arah depan dan belakang dengan bantuan gerak sisip anal.an sayap terlipat dan dilakukan secara berulang-ulang. Terbang rendah di atas permukaan air untuk berburu makanan, tetapi terkadang juga menunggu mangsa sambil bertengger di pohon dekat perairan, dan sesekali terlihat berjalan di permukaan tanah mencari semut atau serangga-serangga kecil.

Ikan belida melakukan perkawinan secara berpasangan, telurnya dibuahi secara eksternal dan diletakkan di dalam sarang yang dibuat pejantan dari bahan ranting dan daun. Pejantan akan menjaga telur yang jumlahnya mencapai 10.000 butir hingga menetas dan menjaga larva dari kemungkinan dimakan ikan lainnya.

Ikan belida termasuk jenis ikan predator, pemangsa. Jenis-jenis mangsa yang disukai yaitu antara lain: larva dan serangga dewasa, cacing, udang, ikan lainnya.

SALAM RIMBA

 

Tentang Penulis
David Pasaribu
Universitas Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-07-28
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *