Hiu Basking

Artikel
Hiu Basking
Satwa
1961
28 Desember 2014
Penulis
Bagus Satrio
173
posting

Hiu basking yang bernama Latin Cetorhinus maximus, atau biasa disebut pula dengan hiu penjemur adalah salah satu hiu yang besar, terbesar kedua setelah hiu paus. Hiu basking dapat ditemukan di seluruh dunia. Spesies ini tidak berbahaya dan bergerak lamban.

Hiu basking ini dapat tumbuh hingga sepanjang 40 kaki dan pernah tertangkap dengan berat hingga 19 ton. Ia termasuk filter feeder yang memiliki adaptasi anatomi untuk menyaring makanannya, seperti plankton, dengan memperbesar mulut sembari mengembangkan rahang atau tulang saring insang.

Ciri-ciri khas lain dari hiu basking adalah ia memiliki insang hampir sepanjang kepala. Lalu, sirip ekornya membentuk serupa bulan sabit. Moncongnya berbentuk kerucut dan berukuran besar.

Yang menarik, hiu basking mampu melompat hingga keseluruhan tubuhnya keluar dari air. Hal ini biasa ia lakukan untuk mengusir parasit dari tubuhnya.

Kini, karena banyak permintaan untuk sirip, minyak hati, atau bahkan daging hiu, hiu basking termasuk salah satu spesies yang masuk dalam daftar International Union for Conservation of Nature berkategori Vulnerable.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *