Hewan putih belum tentu albino, bisa jadi leucism

Artikel
Hewan putih belum tentu albino, bisa jadi leucism
Lain-lain
3569
27 Februari 2015
Biodiversity Warriors
Penulis
Admin BW
932
posting

Albino adalah kondisi melanin tidak ada pada suatu organisme. Melanin berfungsi memberikan warna pada kulit, bulu rambut, dan mata. Sehingga tidak adanya melanin membuat seekor hewan berwarna putih atau pucat. Namun jangan salah membedakan albino dan leucism.

http://www.mnn.com/

Albatros muda dalam foto di atas memiliki bulu yang putih sekluruh badan, berbeda dengan albatros muda lainnya yang memiliki warna abu-abu sebagian. Namun jika dilihat lebih detail ternyata mata burung muda itu tidak berwarna putih, kondisi tersebut menunjukan albatros muda itu tidak albino melainkan leucism. Leucism adalah hilangnya sebagian pigmentasi, yang membuat hewan ini berwarna putih. Hilangnya pigmentasi pada leucism tidak berpengaruh pada mata, seingga mata masih berwarna sesuai pigmennya.

Leucism sering keliru dengan albino, padahal keduanya adalah kondisi yang berbeda. Kedua kondisi ini tidak dikategorikan “tidak normal” karena perbedaan tersebut adalah bukti keragaman hayati. Tidak ada istilah normal atau tidak, yang ada hanya keragaman hayati.

Referensi:

[mnn]

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *