Harimau Bali, Kucing Predator Pulau Dewata

Harimau Bali, Kucing Predator Pulau Dewata
5 Agustus 2016
1732

Era 1940-an, saat perang dunia ke-2 mulai memuncak subspesies harimau bertubuh kecil ini dinyatakan punah. Perburuan dan kerusakan habitat adalah penyebab utama kepunahan subspesies harimau ini. Harimau yang hanya menghuni Pulau Dewata, dia adalah Harimau Bali.

Harimau Bali yang terakhir kali ditemukan adalah harimau betina. Harimau betina tersebut ditembak pada tahun 1925, belasan tahun sebelum Harimau Bali dinyatakan punah.

 

Setelah Harimau Bali punah barulah perburuan harimau mulai dilarang pada tahun era 70an. Sakit menimpa, sesal terlambat, Harimau Bali kadung tiada.

Terdapat 9 subspesies harimau di dunia, 3 diantaranya telah dinyatakan punah. Harimau yang telah punah yaitu harimau Bali (Panthera tigris ssp. balica), harimau Jawa (Panthera tigris ssp. sondaica), dan harimau Kaspia (Panthera tigris ssp. virgata).

Indonesia telah kehilangan 2 jenis harimau, tinggal Harimau Sumatera yang tersisa sekarang. Bercermin dari kepunahan Harimau Bali, seberapa lama Harimau Sumatera bisa bertahan dari ancaman kepunahan? seratus tahun? puluhan tahun? atau hanya menunggu waktu saja?

Sumber:

http://www.iucnredlist.org/details/15955/0

http://www.iucnredlist.org/details/41682/0

http://www.tigerhomes.org/animal/curriculums/bali-tiger-pc.cfm

 

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *