Godong Puser

Artikel
Godong Puser
Flora
2346
7 Januari 2015
Penulis
Nadia Putri Rachma
127
posting

Divisio      : Spermatophyta

Subdivisio : Angiospermae

Kelas        : Dicotyledoneae

Ordo         : Lamiales

Family       : Lamiaceae

Genus       : Passiflora

Spesies      : Hyptis rhomboidea

Deskripsi

a. Akar

Akar Godong puser termasuk ke dalam sistem perakaran serabut, akar Godong puser berwarna kuning kecoklatan dan akarnya tumbuh menjalar. Akar Godong puser biasanya tumbuh menjalar pada tanaman lain. Pada akar Godong puser memiliki banyak percabangan dan banyak terdapat bulu – bulu halus.

b. Batang

Batang Godong puser tumbuh tegak tingginya 50-200cm, berbentuk segi empat dengan alur dangkal yang membujur, sisi-sisinya berambut pendek, warnanya hijau bercorak lembayung, pada buku-buku batang dan cabang daun duduk berhadapan, pada buku tumbh sepasang daun yang duduk berhadapan.

c. Daun

Daun Godong puser berbangun daun bulat telur, tepinya beringgit dengan taju agak tumpul mengarah ke depan, ujung daun agak runcing, pangkal daun agaklancip, tangkainya pendek 0-3 cm, urat daun sebelah bawah nyata berambut halus dan jarang, ukuran panjangnya 3,5-18,5 cm dan lebarnya 1-7 cm.

d. Bunga

Bunga Godong puser berbentuk lonceng atau genta yang ramping, kelopka panjangnya 4-6 mm hijau dan berambut, tajuk berdaun lima warnanya putih, bibir atas bercorak agak lembayung sedang bibir bawah tepinya berwarna lembayung kecoklatan, panjangnya 5-6 mm, muncul sendirian dari ketiak daun.

e. Biji

Biji Godong puser berbentuk kecil, biji godong puser berwarna coklat kehitam-hitaman. Biji godong puser tidak memiliki rambut-rambut atau bulu-bulu halus di seluruh permukaannya. Biji godong puser memiliki hilum atau bekas tempat melekatnya biji yang berwarna putih.

Sumber: https://desmutsi612.wordpress.com/2013/01/15/hyptis-rhomboidea-mart-gal/

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *