Gebang, lontar utan bahan pembuat Sasando

Gebang, lontar utan bahan pembuat Sasando
28 April 2015
2034

Gebang, memiliki nama ilmiah Corypha utan. Tumbuhan gebang termasuk jenis palem yang tingginya 15 - 20 m. Tanaman ini bisa dimanfaatkan sagunya sebagai bahan pangan. Sagu diperoleh dari batang palem pada saat mendekati masa pembungaan. Batang utama diameter 35 - 75 cm mengandung pati seperti sagu. Pada pucuk batang terdapat getah coklat kemerahan. Bentuk perbungaan malai terdapat di ujung batang mempunyai seludang bunga yang kokoh, warna bunga putih, wangi; setelah berbunga gebang akan mati.

Baca juga: Lontar, Pohon Panjang Umur yang Serbaguna

Daun dewasa lontar utan dapat digunakan untuk atap dan dinding rumah, untuk membuat berbagai kerajinan seperti jas hujan, payung dan tikar kasar (misalnya tikar `kajang` di Indonesia). Di Timor (Indonesia) mereka menggunakannya untuk membuat alat musik tradisional (`sasando`). Tulang tengah daun dewasa dapat dibuat sapu yang keras dan perangkap ikan.

Gebang tumbuh baik di dataran rendah pada daerah terbuka dan kering, jarang di temukan di atas 400 m dpl. Di Jawa ditemukan di daerah terbuka, seperti pada padang rumput dengan ketinggian sampai 200 m dpl. tetapi tidak di temukan di daerah pantai atau daerah mangrove (hutan bakau).

Referensi:

[prohatikompas]

About Author
Admin BW
Biodiversity Warriors

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related
Article
No items found
2020-07-30
Difference:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *