Gajah INDIA

Satwa
Gajah INDIA
2 Juli 2017
1364

Gajah india adalah salah satu subspesies gajah asia. Gajah ini dapat ditemui di india, nepal, banglades, bhutan, myanmar, thailand.SemenanjungMalaya, Laos, Tiongkok, Kamboja dan Vietnam. Bukti arkeologi menunjukkan bahawa gajah India telah dijinakkan di lembah sungai Indus sekitar 4.000 tahun dahulu. Menjinakkan tidak serupa dengan domestikasi. Gajah sulit didomestikasi akibat perangai bengisnya, makanannya yang mahal dan pertumbuhan yang terlalu lama (15 tahun untuk menjadi dewasa). Gajah india dijinakkan untuk pertanian. Pengunaan gajah perang dalam militer bermula sekitar 1100 SM dan disebut dalam beberapa kitab suci berbahasa Sansekerta. Semenjak tahun 1986, Elephas maximus tergolong sebagai spesies yang terancam punah dan populasinya telah berkurang sebanyak 50% dalam tiga generasi. Gajah asia terancam oleh kehancuran, degradasi dan fragmentasi habita  

Secara umum, gajah Asia lebih kecil dari gajah Afrika. Gajah India memiliki ketinggian bahu antara 2 dan 3,5 m (6,6 dan 11,5 kaki), beratnya antara 2.000 dan 5.000 kg (4.400 dan 11.000 lb), dan memiliki 19 pasang tulang rusuk. Warna kulit mereka lebih cerah dari pada maximus, namun lebih gelap dari pada sumatranus . Betina biasanya lebih kecil dari jantan, dan memiliki taring pendek dan juga tdk memiliki taring. Gajah India terbesar adalah 3,43 meter (11,3 kaki).

Pada tahun 1985, dua ekor sapi gajah besar terlihat untuk pertama kalinya di Taman Nasional Bardia , dan diberi nama Raja Gaj dan Kanchha. Raja Gaj berdiri setinggi 11,3 kaki (3,4 m). Gajah India memiliki telinga yang lebih kecil, tapi tengkorak yang relatif lebih lebar daripada gajah Afrika. Jari kaki besar dan lebar. Tidak seperti sepupu Afrika mereka, perut mereka berbanding lurus dengan berat badan mereka tapi gajah Afrika memiliki perut yang besar dibandingkan dengan kepala (tengkorang).

 

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Gajah_india    

Tentang Penulis
rizal sunanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-07-28
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *