Gabus, Ikan penghuni air tawar

Artikel
Gabus, Ikan penghuni air tawar
Satwa
1441
3 Januari 2015
Fakultas Kehutanan
Penulis
Abednego Togatorop
110
posting

Warriors, ada yang belum pernah dengar ikan gabus? Ikan gabus merupakan salah satu ikan penghuni air tawar yang gampang sekali ditemukan, serta mudah dikenal karena mempunyai bentuk dan bulat di depan dan pipih di belakang. Punggungnya berwarna coklat tua hampir hitam, perutnya putih kecoklatan. Gabus dapat mencapai panjang maksimum 90 cm.

Ikan gabus hidup di sungai, danau atau rawa air tawar dan di air payau. Makanannya berupa udang, ikan kecil, kepiting, katak, cacing dan serangga air. Penyebarannya mulai dari India sampai ke SUlawesi, di dataran rendah, terutama perairan rawa-rawa. di Indonesia, pada waktu musim hujan populasi ikan gabus relatif meningkat.

Penangkapan gabus sudah banyak dilakukan oleh manusia dikarenakan dagingnya, baik yang masih segar maupun yang sudah diasin, sangat digemari. Ikan gabus tergolong komoditi yang mempunyai harga tinggi.

Namun di satu sisi peningkatan jumlah penduduk dan kurangnya pengembangan jenis-jenis sumber protein hewani perairan, ikan gabus makin banyak diburu sehingga populasinya sudah sangat menurun. Kenyataan ini seharusnya lebih mendorong ke arah usaha pembudidayaan. tetapi usaha ini belum dapat dibudidayakan dengan baik.

ditulis oleh : Abednego togatorop

 

 

sumber gambar : id.wikipedia.org

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *