Fosil udang purba sepanjang dua meter ditemukan

Fosil udang purba sepanjang dua meter ditemukan
12 Maret 2015
2461

Bayangkan jika seekor udang memiliki panjang 2 meter? Apakah mungkin? Setidaknya itu adalah gambaran kasar tentang Aegirocassis benmoulae, spesies kuno yang fosilnya baru ditemukan. Fosil spesies ini ditemukan di lereng tenggara perbukitan Maroko. Usia fosil dari hewan laut besar ini sekitar 480 juta tahun.

Spesies ini digolongkan dalam kelas arthropoda, kelas yang di dalamnya termasuk udang, laba-laba, dan belalang. Fosil raksasa kuno ini berbentuk segmen-segmen seperti udang. Panjang tubuh utuhnya jika dibentangkan mencapai 1,6 meter. Mungkin makhluk ini juga bisa hidup mencapai panjang 2 meter, hampir setinggi tiang gawang sepak bola.

MARIANNE COLLINS/ARTOFFACT

 

Diperkirakan hewan besar ini memperoleh makanan dengan cara menyaring plankton. Hal yang sama dilakukan oleh hewan terbesar di dunia, paus biru. Sedangkan untuk bergerak hewan ini menggunakan dua flaps di masing-masing sisi, yang berfungsi mendorongnya di dalam air. Penemuan fosil udang aneh berukuran dua meter ini menjawab pertanyaan mengenai evolusi arthropoda.

Referensi:

[yalesciencemag]

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *