Edukasi Konservasi Capung Endemik Jawa Genus Drepanosticta

Artikel
Edukasi Konservasi Capung Endemik Jawa Genus Drepanosticta
Aktivitas, Satwa
121
3 September 2021
Biodiversity Warriors
Penulis
Admin BW
27
posting

Tim Plutonesia melalui Biodiversity Warriors Sponsorhip Program 2021 Yayasan KEHATI telah melaksanakan kegiatan edukasi dan sosialisasi konservasi capung pada siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 02 Tlogopakis, Petungkriyono, Pekalongan. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran anak-anak untuk menjaga keberlangsungan kehidupan capung dan biodiversitas lain yang ada di sekitar Hutan Petungkriyono.

 

Kegiatan ini diikuti oleh 27 siswa kelas 1-4 Sekolah Dasar Negeri 02 Tlogopakis, Petungkriyono,  bekerja sama dengan Genau Indonesia selaku fasilitator edukasi. Bertempat di aula balai desa, Tim Plutonesia memberikan edukasi melalui penayangan video animasi. Hal ini dilakukan agar materi yang diberikan dapat dengan mudah dimengerti oleh para siswa.

 

Penayangan video animasi mengenai siklus hidup capung Drepanosticta

 

Selain melihat tayangan video, anak-anak diajak menuju kawasan Karang Srity untuk mengamati dan mengenali berbagai biodiversitas terutama jenis-jenis capung yang ada di lapangan, dan mencocokannya dengan buku identifikasi yang sudah diberikan. Tidak hanya kepada para siswa, edukasi ini juga dilakukan kepada masyarakat sekitar Hutan Petungkriyono melalui pembagian poster.

 

Melalui kegiatan edukasi ini, Tim Plutonesia berharap anak-anak mengetahui keberadaan jenis-jenis capung endemik beserta habitatnya yang berada di Hutan Petungkriyono, dan memahami pengaruh aktivitas manusia yang dapat mengganggu keberadaan capung-capung tersebut.

 

Kegiatan pengamatan dan Identifikasi keragaman capung

 

Kegiatan edukasi berdasarkan data  kelimpahan populasi dan distribusi Capung Endemik Jawa Genus Drepanosticta ini didapat melalui kegiatan kolaborasi Penelitian Struktur Komunitas dan Distribusi Capung di Hutan Petungkriyono bersama mahasiswa Biologi UGM yang merupakan salah satu anggota Plutonesia, pada bulan September 2020 – Januari 2021.

 

Terdapat 3 jenis capung jarum endemik jawa yang dapat ditemukan di 4 lokasi Hutan Petungkriyono; Tirta Muncar dan Sokokembang yang termasuk dalam Dusun Kayupuring, Curug Lawe di Dusun Kasimpar, dan Karanggondang di Dusun Tlogopakis. Berdasarkan kegiatan tersebut, didapatkan hasil kelimpahan individu capung genus Drepanosticta seperti pada Tabel 1.

 

2
Bagikan:

Komentar (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *