Cucuk Urang, Raja Udang Meninting

Satwa
Cucuk Urang, Raja Udang Meninting
13 Juli 2017
2118

Untuk bisa mendapatkan pembelajaran dan pengajaran, khususnya dalam berburu burung liar memang saat ini dirasa saya sudah acapkali mulai merasakan bahagia, disamping melihat kearifan kehidupan burung dengan kekhasan masing-masing itulah kita belajar mengerti bahwa setiap mahluk hidup juga punya kesempatan hidup untuk kehidupan mereka tanpa terkecuali, si raja udang meninting.

Burung yang satu ini memiliki kecenderungan menyendiri, bisa sering dijumpai diarea deket perairan, mulai dari pinggiran sungai, pepohonan bambu, sawah dan kolam ikan tetangga. Burung yang memiliki ukuran kecil ini ini memiliki bagian atas berwarna-warni, ada yang biru gelap, ada juga yang berwarna putih di dagu dan pipi dan begitu kontras warnanya sehingga berasa indah dan sedap dipandang.

Kali ini saya harus cukup lama menunggu dipinggiran sawah terdekat dengan kolam ikan, dan menunggu itu memang asyik, karena yang ditunggu akhirnya datang juga, byuuurr…sembari mencipratkan air lalu terbang kepinggir kolam sambil menggigit ikan kecil (benter) dalam mulutnya dan lalu perlahan dikunyah sambil bertengger di bambu sembari melirik ke arahku.

Cukup sadar bahwa ada kamera yang sedang mengintainya. Alhasil hanya 2 kali jepretan lalu blue-eared kingfisher Alcedo meninting itu pun, tega pergi meninggalkanku kembali dikerumuni nyamuk-nyamuk yang nakal itu.

Tentang Penulis
kang Isrodin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-07-29
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *