Cempaka Putih/Kantil

Artikel
Cempaka Putih/Kantil
Flora
6359
27 Juni 2015
Penulis
Agus Sumardika
111
posting

Cempaka Putih atau yang sering disebut Kantil (Michelia alba) merupakan tumbuhan yang mempunyai bunga berwarna putih dan berbau harum dengan tinggi pohon mencapai 30 meter. Bunga kantil masih berkerabat dekat dengan bunga jeumpa (cempaka kuning) ini merupakan tumbuhan khas (fauna identitas) provinsi Jawa Tengah.

Gambar. Cempaka putih/Kantil (Michelia alba) (https://bertani.wordpress.com)

Tumbuhan cempaka putih (Michelia alba) merupakan pohon yang mempunyai tinggi yang mampu mencapai 30 meter dan mempunyai batang yang berkayu. Pada ranting-ranting pohon cempaka putih biasanya ditumbuhi bulu-bulu halus berwarna keabu-abuan. Daun kantil (cempaka putih) tunggal berbentuk bulat telur dan berwarna hijau. Tangkai daun lumayan panjang, mencapai hampir separo panjang daunnya. Kantil (Michelia alba) mempunyai bunga berwarna putih yang mempunyai bau harum yang khas. 

Cempaka putih atau kantil (Michelia alba) tersebar mulai daratan Asia beriklim tropis hingga beberapa pulau di kawasan Pasifik. Di Indonesia, tanaman ini yang menjadi flora identitas provinsi Jawa Tengah ini tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Habitat tumbuhan ini meliputi daerah beriklim tropis pada dataran rendah hingga ketinggian mencapai 1.600 meter dpl. Manfaat dari tumbuhan ini adalah sebagai mengatasi masalah bau badan dan ketiak, mengatasi sinusitis, mengobati vertigo, mengobati perut kembung dan berguna untuk penabur bunga di pemakaman.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Magnoliales

Famili: Magnoliaceae

Genus: Michelia

Spesies: Michelia alba

Source : http://www.flickr.com/photos/yuht-a/2434324738 

    http://www.proseanet.org/prohati4/browser.php?docsid=107 

    http://nangimam.blogspot.com/2014/01/khasiat-dan-manfaat- bunga-kantil.html

Budidaya Kantil

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *