Cekakak Sungai

Satwa
Cekakak Sungai
19 Juli 2017
1586

Collared Kingfisher akrab dikenal Cekakak Sungai dengan nama latin Todiramphus chloris, satu diantara jenis burung cekakak yang terkenal memiliki suara yang ribut karena sering kali berkicau dan memecah keheningan.

Warna biru kehijauan dan putih berkilau pada burung ini lebih dominan dibanding dengan jenis burung cekakak yang lain, begitu juga dengan ukuran tubuhnya yang relatif berukuran sedang (24 cm).

Burung yang cukup berisik ini sering kali saya temui saat sedang berkejar-kejaran dengan pasangannya, sesekali hinggap dan bertengger di pohon bambu yang muda dan bertengger di ujungnya, lalu saling berdekatan, dan kembali lagi terbang sembari memecah kesunyian pinggiran hutan.

Semoga burung dengan status dilindungi Peraturan Pemerintah N0.7 tahun 1999 dan Undang-Undang No. 5 tahun 1990 ini akan terus terjaga kelestariaannya, dan tidak menjadi objek orang berburu secara liar.

Tegur dan berilah pemahaman ketika melihat sekaligus menjumpai oknum-oknum yang kurang bertanggungjawab, untuk tidak berburu secara liar tetapi berilah edukasi tentang pentingnya menjaga ekosistem alam ini.

Salam pembelajar.  

Tentang Penulis
kang Isrodin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-07-29
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *