But but si minyak urut

Artikel
But but si minyak urut
Satwa
2690
16 Desember 2014
Pusat Riset Konservasi Gajah dn Biodiversitas
Penulis
Achmad Zulfikar
68
posting

Butbut besar (bahasa latin  = Centropus Sinensis) adalah spesies burung dari keluarga cuculidae, dari genus Centropus. Burung ini merupakan jenis burung pemakan ulat, belalang, kumbang, hemiptera, katak, kadal yang memiliki habitat di tepi hutan, belukar sekunder, semak tepi sungai, hutan mangrove.

selain itu burung ini juga sudah mulai langka ditemuin karena kemujaratan minyak dari burung ini memang luar biasa.

Di daerah saya di Aceh utara untuk mencari  burung ini sungguh sangat susah karena  harga yang begitu menggiurkan dan kemujaratan nya.

Bahan utama pembuat miyak butbut tentulah campuran minyak dan saripati anak burung butbut itu sendiri. Menurut cerita orang-orang tua, jika tukang urut  ingin membuat minyak butbut ini harus dilakukan setiap hari Jumat.Mula-mula harus ditemukan sarang burung butbut yang memiliki anak. Setelah didapatkan anak burung butbut yang ditinggal induknya mencari makanan, maka si tabib akan mematahkan kaki anak burung yang masih tinggal di sarang tersebut.Mematahkan kaki si anak burung ini dilakukan selama beberapa kali untuk mengetahui bekerja atau tidaknya proses penyembuhan kaki anak burung tersebut. Hebatnya lagi,  setiap kali kaki si anak burung dipatahkan, maka bila  bertemu hari Jumat berikutnya, maka akan didapati bahwa kaki si anak burung sudah normal kembali alias sembuh.Yang menyembuhkannya, tentu saja si Induk. Inilah yang perlu penelitian medis. Bagaimana dan apa yang dilakukan oleh si induk untuk mengobati anaknya. Setelah dilakukan selama beberapa minggu, tiba waktunya untuk mengambil si anak burung untuk dijadikan minyak.Pengolahannya ialah dengan menggoreng anak burung tersebut dengan banyak  campuran minyak dan air. untuk mendapatkan minyaknya. Hal ini sama mirip sekali dengan cara  orang-orang tua mengolah minyak kelapa. Ketika saripati santan kelapa kering, maka keluarlah minyak

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *