Burung Walet dan Sarangnya

Artikel
Burung Walet dan Sarangnya
Satwa
1051
23 Juli 2017
Penulis
anisa ulfah
179
posting

Burung walet ( Collocalia Fuciphaga ) merupakan salah satu jenis burung yang memiliki keistimewaan diantara  ribuan jenis  burung lain yang hidup di muka bumi. Burung walet hanya hidup di Asia Tenggara. Yaitu di Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Philiphna, Brunei Kamboja, Laos, Timor Leste.

Burung walet memiliki sarang yang dibuat dari air liurnya yang keluar dari tenggorokan. Sarangnya terbuat murni dari air liur tidak menggunakan campuran bahan di luar tubuhnya. Burung walet memilih membuat sarang di langit langit gua atau di plafon sebuah gedung agar aman terhindar dari predator, misalnya tikus.

Burung walet membuat sarang selama sekitar 8 minggu, merajut secara sabar hari demi hari. Liur yang keluar dari paruh burung walet semula cair kental dan dalam waktu beberapa jam rajutan liur yang bentuknya mirip mie hun itu akan  mengering dan keras. Lambat laun rajutan liur itu akan menjadi sarang dengan bentuk seperti mangkok.

Sarang burung walet, terbukti selama ratusan tahun yang lalu hingga sekarang selalu di konsumsi untuk kesehatan tubuh manusia. Sejak Kekaisaran China berabad abad yang lalu, sarang walet dikenal sebagai makanan mahal dan berkhasiat tinggi. Studi Chinese University Hongkong menyebutkan sarang walet mengandung glikoprotein yang penting untuk kekebalan tubuh dan metabolisme. Juga  untuk peremajan kulit, kecerdasan otak, stamina dan sebagai afrodisiak/ pendongkrak gairah. Penelitian terbaru bahkan sarang walet berguna untuk pengobatan AIDS.

 

 

sumber: http://duniawalet.co.id/burung-walet-tujuh-fakta-unik/

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *