burung Manyar jambul (Ploceus manyar)sebagai maskot kota malang

Artikel
burung Manyar jambul (Ploceus manyar)sebagai maskot kota malang
Satwa
2255
8 Maret 2015
Penulis
adam sudrajat
167
posting

Berdasarkan SK Gubernur nomor 5225/16774/032/1996 telah menetapkan bahwa burung manyar (Ploceus Manyar) sebagai ciri khas fauna,sebagai ciri khas flora Kota Malang.

Manyar adalah jenis burung pemakan biji-bijian (granivora) namun terkadang juga makan serangga-serangga kecil, yang menyukai habitat terbuka seperti padang rumput, tepi hutan, rawa dan persawahan. Burung ini biasanya mencari makan di akasia berduri atau semak-semak. Burung manyar membuat sarangnya pada ujung-ujung cabang pohon yang tinggi, seperti pada pohon kelapa ataupun di rumput gelagah yang tinggi. Burung manyar dikenal sebagai burung penenun finches karena burung ini sangat cekatan dalam menenun daun, ranting, dan serat tumbuhan menjadi sarang yang sangat indah. Dalam bahasa Inggris burung ini disebut dengan Streaked Weaver karena memiliki sarang dengan bentuk yang sangat rumit dan unik.

 Di Indonesia, dikenal berbagai jenis manyar yang masuk dalam marga Ploceus anggota suku Ploceidae. Ada empat jenis manyar di Asia Tenggara dan tiga di antaranya dapat dijumpai di Indonesia, yaitu tempua (Ploceus philippinus), manyar jambul (Ploceus manyar), dan manyar emas (Ploceus hypoxanthus).

sumber gambar

http://omkicau.com/2014/08/23/tips-dan-trik-penangkaran-burung-manyar/manyar-jambul-jantan-betina/ diakses 08 maret 2015

sumber

http://ngalam.web.id/read/1011/maskot-daerah-kota-malang/ diakses pada 08 maret 2015

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *