Burung-madu Sriganti

Animal
Burung-madu Sriganti
23 January 2016
3502

(Foto Burung-madu sriganti (Cinnyris jugularis) jantan. Foto oleh Rahmadiyono Widodo)

Burung-madu sriganti (Cinnyris jugularis) merupakan salah satu spesies dari famili Nectarinidae. Awalnya, burung-madu sriganti mempunyai nama latin Nectarinia jugularis (Anonim, ___: 43). Burung-madu sriganti (Cinnyris jugularis) mempunyai ciri-ciri berukuran kecil, tubuh bagian bawah berwarna kuning, paruh kecil meruncing dengan panjang 1X kepala, dan warna punggung hijau zaitun, dengan ciri-ciri seperti tersebut burung-madu sriganti (Cinnyris jugularis) disebut juga Olive-becked Sunbird. Burung jantan dewasa mempunyai ciri khusus yaitu adanya warna gelap pada tenggorokannya (MacKinnon, 2010) dan akan terlihat ungu mengkilap jika terkena sinar matahari, sedangkan saat remaja ciri pada jantan dan betina sama karena belum dijumpai bulu berwarna hitam pada leher burung jantan remaja.

Burung-madu sriganti (Cinnyris jugularis) termasuk mudah dijumpai. Burung tersebut umum dijumpai di daerah terbuka, pekarangan, semak pantai, dan tipe dataran rendah lainnya. Dalam salah satu buku yang disusun oleh Yayasan Kanopi Indonesia disebutkan habitat dari Burung-madu sriganti (Cinnyris jugularis) dapat mencapai ketinggian 1.700 mdpl.

Burung-madu sriganti (Cinnyris jugularis) sering mendatangi tumbuhan berbunga. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, burung-madu sriganti (Cinnyris jugularis) sering mengunjungi bunga dengan mahkota yang berwarna cerah dan ukuran tidak terlalu kecil. Salah satu contoh tumbuhan yang dikunjungi burung-madu sriganti (Cinnyris jugularis) adalah tumbuhan bunga kupu-kupu (Bauhinia purpurea). Caranya menghisap nektar dari bunga bervariasi. Imam Taufiqurrahman (2014) menyebutkan gaya menghisap nektar oleh burung-madu bermacam-macam seperti menyesap dari belakang bunga, lewat pangkal bunga dan membenamkan kepala di tengah bunga.

Keberadaan burung-madu sriganti (Cinnyris jugularis) di alam bebas dapat membantu tumbuhan dalam menjalankan proses penyerbukan, karena manfaat yang diberikan dalam ekosistem alam, burung-madu sriganti (Cinnyris jugularis) termasuk burung yang dilindungi oleh PP No.7/1999 meskipun statusnya beresiko rendah menurut daftar merah IUCN.

 

 

Daftar Pustaka

Anonim.___. Biodiversity@ITS. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

IUCN RedList, diakses melalui http://www.iucnredlist.org/details/22717797/0 pada tanggal 22 Januari 2016.

MacKinnon dkk. 2010. Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Bogor : Burung Indonesia-LIPI.

Taufiqurrahman, Imam. 2014. Pohon Bunga Kupu-kupu dan Burung-madu. diakses melalui https://peburungamatir.wordpress.com/2014/01/17/pohon-bunga-kupu-kupu-dan-burung-madu/ pada tanggal 22 Januari 2016.

Yayasan Kanopi Indonesia dan Pertamina.____. Flora dan Fauna di Terminal BBM Rewulu. Yogyakarta : Yayasan Kanopi Indonesia.

Yuniatmoko, Irwan dan Edi Nurcahyadi. 2013. Jenis Burung Taman Nasional Gunung Merapi. Yogyakarta : Balai Taman Nasional Gunung Merapi.

About Author
Rahmadiyono Widodo
Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2022-01-17
Difference:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *