Blekok Sawah

Satwa
Blekok Sawah
18 Juli 2017
1193

 

Blekok sawah memiliki ukuran yang termasuk kecil dengan ukuran sekitar 45cm, sayapnya berwarna putih, dengan coklat bercoret-coret. Pada masa berbiak kepala dan dadanya berwarna kuning tua, punggungnya nyaris hitam, tubuh bagian atas lainnya coklat bercoret, serta tubuh bagian bawahnya putih. Ketika terbang, sayapnya akan terlihat kontras dengan punggung yang gelap.

Ardeola speciosa tercatat di Sumatra Selatan sebagai pengunjung tidak berbiak dari Jawa, Berbiak di Kalimantan Tenggara, tetapi jarang mengunjungi kalimantan Utara. Di Jawa dan Bali masih agak umum dijumpai di daerah rawa tawar.

Java Pond-Heron hidup di sawah atau daerah lain yang berair, sendirian atau dalam kelompok tersebar. Berdiri diam-diam dengan tubuh posisi rendah dan kepala ditarik kearah tubuhnya, sambil menunggu mangsa. Spesies ini memiliki aktivitas setiap sore terbang dengan kepakan sayap yang perlahan, biasanya berpasangan atau bertiga, kemudian beramai-ramai menuju tempat beristirahat. Spesies ini dapat bersarang dalam koloni yang berbeda spesiesnya.

 

Sumber : Mckinonnon, 2010

Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi

Lokasi Pengambilan Gambar : Pulau Serangan, Bali.

Tentang Penulis
Kezia Sitompul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-07-29
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *