Bawang Dayak atau Bawang Sabrang

Artikel
Bawang Dayak atau Bawang Sabrang
Flora
2893
26 Juni 2015
Penulis
Nadia Putri Rachma
127
posting

Divisi          : Spermatophyta
Subdivisi     : Magnoliophyta
Kelas          : Liliopsida
Subkelas     : Lilidae
Ordo           : Liliales
Famili          : Iridaceae
Genus         : Phaius
Spesies       : Phaius thankervillae

Deskripsi Morfologi

Bentuk dan warnanya mirip dengan bawang merah lanang. tanamannya sendiri memiliki ciri bentuk daun yang seperti pita atau daun sereh sepanjang 15-20 cm dan lebar ukuran kurang lebih 3-5 cm dengan tulang daun sejajar. Bunganya berwarna putih dan kelopak berjumlah 5.

Kandungan Kimia

Tanaman bawang dayak memiliki kandungan fitokimia antara lain alkaloid, glikosida, flavanoid, fenolik, steroid dan zat tannin yang merupakan sumber biofarmaka potensial untuk dikembangkan sebagai tanaman obat modern dalam kehidupan manusia. Alkaloid merupakan bahan organik yang mengandung nitrogen sebagai bagian dari heterosiklik.

Bahkan senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida dan saponin memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah yang sangat bermanfaat untuk pengobatan diabetes melitus, bahkan alkaloid yang ada dapat berfungsi sebagai anti mikroba. Sedangkan kandungan tanin yang ada dapat digunakan sebagai obat sakit perut.

Manfaat dan Khasiat

Bawang Dayak dikombinasi dengan tanaman herbal lain (kunyit putih atau mahkota dewa) terbukti mampu mengatasi berbagai penyakit antara lain keluhan prostat, kanker kista, payudara/rahim, gangguan haid, asam urat, nyeri otot dan sendi (arthritis), nyeri pinggang, dispepsia (nyeri, mual, kembung), radang usus, maag, gastritis, gangguan lever, dan hepatitis, gangguan kemih (tidak lancar, nyeri/anyanganyang, berdarah), diabetes, hipertensi, obesitas (kegemukan), gangguan seksual (lemah syahwat, ejakulasi dini, kurang gairah), ashma/bronkhitis, sinusitis, tonsilitis, gondok, pengapuran, menghambat proses penuaan dan peremajaan sel-sel dan metabolisme dalam tubuh, meningkatkan stamina dan vitalitas (olah raga/bekerja), daya tahan tubuh, serta berkhasiat sebagai anti infeksi, anti bakteri, anti radang serta membersihkan darah.

 

Sumber:

  • http://bawangdayak-bawangtiwai.blogspot.com/2014/01/ciri-ciri-bawang-dayak.html
  • https://www.scribd.com/doc/231414520/Condent-Isi#download

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *