Terlihat enak ternyata beracun

Photo
Terlihat enak ternyata beracun
107
1 June 2022
UNMUL/MAPFLOFA
Photographer
gresyamunda
18
photo

Buah bintaro atau dengan nama latin Cerbera manghas jika dilihat secara sekilas tanpa mengetahui spesiesnya akan sangat berbahaya dikarenakan spesies ini berbentuk menyerupai buah apel yang begitu enak dan sangat menarik. Tanpa kita ketahui ternyata tumbuhan ini sangatlah berbahaya bagi manusia. Dibanding manfaat yang dihasilkan, sebenarnya pohon bintaro lebih dikenal akan bahaya kandungan racunnya. Pohon ini mengandung racun bernama cerberin, yakni berupa senyawa glikosida. Jika termakan, maka senyawa ini akan mengakibatkan sumbatan saluran ion kalsium dalam otot jantung manusia. Keracunan buah bintaro dapat mengakibatkan detak jantung tidak stabil. melemah dan berujung pada kematian.

Namun dengan bahaya racun yang dimiliki oleh spesies ini, ternyata spesies ini juga memiliki manfaat loh bagi kehidupan kita diantaranya:

  1. Sebagai tanaman peneduh
  2. Sebagai bahan baku bahan bakar alternatif
  3. Pengusir hewan pengganggu
  4. Biopestisida

Buah bintaro termasuk tumbuhan mangrove yang berasal dari daerah tropis di Asia, Australia, Madagaskar, dan kepulauan sebelah barat Samudera Pasifik.

Biasanya, pohon bintaro memiliki tinggi 4-6 meter, hingga dapat mencapai 12 meter. Daun dari pohon bintaro berwarna hijau tua mengkilat berbentuk bulat memanjang. Sementara bunganya berwarna putih dan berbau harum yang terdiri atas lima petal dengan mahkota berbentuk terompet yang pangkalnya berwarna merah muda. Buah bintaro berbentuk bulat telur dengan panjang sekitar 5-10 cm. Saat masih muda, buah bintaro berwarna hijau pucat yang kemudian berubah warna menjadi merah marun ketika masak.

sumber: https://rimbakita.com/pohon-bintaro/

https://www.orami.co.id/magazine/buah-bintaro

Lokasi: Kampus UNMUL

Copyright:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Photographer
gresyamunda
UNMUL/MAPFLOFA
18
photo
Related Topics
No photo post found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *