jamur menyala

Foto
jamur menyala
Lain-lain
996
14 Maret 2015
Fotografer
Benny Tarigan
1
foto

Fenomena jamur yang bisa menyala dalam gelap ini disebut bioluminesens. Fenomena bioluminesens ini hanya bisa dilihat di malam hari, karena jamur baru terlihat menyala di dalam gelap. Jamur yang bisa menyala ini tergolong jamur yang langka dan biasanya hanya bisa ditemukan di dalam hutan wilayah tertentu.
Jamur-jamur ini bersinar mengeluarkan cahaya warna hijau karena mengalami proses kimia. Bioluminesens itu adalah strategi jamur untuk menarik serangga sehingga dapat menyebarkan sporanya untuk berkembang biak. Di hutan hujan tropis yang jarang ada angin, keberadaan serangga sangat berguna bagi jamur untuk menyebarkan sporanya.
Jamur jenis ini ditemukan pertama kali di Brazil tahun 1804. Kita yang tinggal di Indonesia juga bisa melihatnya secara langsung, lo. Taman Nasional Gunung Halimun-Salak yang terletak di Sukabumi, juga memiliki jamur jenis ini. Kita bisa melakukan perjalanan malam hari di taman nasional ini dengan didampingi orangtua dan pemandu wisata setempat.
Alam kita memiliki keindahan dan keunikan yang beragam. Sayang sekali jika alam rusak oleh ulah kita sendiri. Yuk, jaga dan lestarikan alam kita!

Hak Cipta:
0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *