Yuk Gotong Royong

Artikel
Yuk Gotong Royong
51
2 Agustus 2022
UNMUL/MAPFLOFA
Penulis
gresyamunda
16
posting

Sungai Karang Mumus merupakan salah satu anakan dari sungai mahakam dengan panjang sungai sekitar 34,7 km yang membelah wilayah kota Samarinda. Sungai karang mumus merupakan salah satu daerah aliran sungai (DAS) yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Seperti yang sering kami (mahasiswa)amati bawasannya sungai tersebut tidak layak lagi untuk dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dikarenakan air sungai karang mumus tersebut sudah tercemar sangat parah yang bahakn bisa menimbulkan berbagai penyakit bagi masyarakat yang mengonsumsi. Berbagai macam limbah rumah tangga dan limbah lainnya yang mencemari sungai tersebut.

Jika pencemaran terus terjadi kemungkinan besar ekosistem yang ada pada sungai tersebut akan rusak dan berbagai macam organisme-organisme yang berada pada sungai tersebut akan punah (Ismail saleh, 2020). dalam kompas.id.

Peran mahasiswa sangat dibutuhkan baik untuk turun langsung untuk memberihkan sungai bahkan sampai sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya keberadaan sungai teresebut.

MAPFLOFA FAHUTAN UNMUL dan PLANKTOS FAKULTAS PERIKANAN UNMUL  setiap tahun mengadakan gotong royong untuk menyusuri sungai karang mumus dan membersihkan,  hal hasil sungai tersebut akan bersih dalam kurung waktu yang sangat singkat bahkan kesadaran masnyarakat masih sangat minim dalam memperhatikan kebersihan sungai tersebut.

Harapannya akan ada tindakan khusus yang dilakukan oleh pemerintah dan LSM/NGO sekitar untuk mengedukasi dan memberikan solusi apa yang harus dilakukan untuk menangani kerusakan tersebut.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Penulis
gresyamunda
UNMUL/MAPFLOFA
16
posting
Topik Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *