Gelang laut, saruni air, krokot, gelan-pasir, sesepi (Sesuvium portulacastrum)

Flora
Gelang laut, saruni air, krokot, gelan-pasir, sesepi (Sesuvium portulacastrum)
9 Juli 2016
1796

Gelang laut, saruni air, krokot, gelan-pasir, sesepi (Sesuvium portulacastrum) adalah sejenis Mangrove dari suku Molluginaceae. Deskripsi umum tumbuhan ini adalah herba tahunan, menjalar, seringkali memiliki banyak cabang. Panjangnya hingga 1 m dengan batang berwarna merah cerah, halus dan ditumbuhi akar pada ruasnya.

Daunnya berukuran 2,5-7 x 0,5-1,5 cm, tebal berdaging dengan letak berlawanan. Berbentuk bulat memanjang hingga lanset dengan ujung membundar. Berukuran: 2,5-7 x 0,5-1,5 cm.

Bunganya berformasi soliter, terletak di ketiak daun dengan daun mahkota sebanyak 5 cuping, panjang 6-9 mm. Berukuran kecil, warna ungu, memiliki tangkai panjangnya 3-15 mm dan tabung panjangnya 3 mm. Memiliki benangsari yang banyak dan 3-4 tangkai putik.  

Buah berbentuk kapsul, bundar dan halus, panjang melintang kira-kira 8 mm. Terdapat beberapa biji hitam berbentuk kacang, halus dan panjangnya 1,5 mm.

Seringkali ditemukan di sepanjang bagian tepi daratan dari mangrove, pada hamparan lumpur dan gundukan pasir, pada areal yang secara tidak teratur digenangi oleh pasang surut. Substrat tumbuh berupa pasir, lumpur dan tanah liat. Juga ditemukan di pantai berkarang, sepanjang pematang tambak dan kali pasang surut.

Penyebarannya di sepanjang pesisir Jawa, Madura, Sulawesi dan Sumatera.

Pemanfaatan tumbuhan ini daunnya dapat dimakan setelah berulangkali dicuci dan dimasak. Juga digunakan sebagai makanan kambing.

Sumber bacaan dan gambar:

Pengenalan MANGROVE di Indonesia, oleh Yus Rusila Noor, M. Khazali dan I N.N. Suryadiputra.

Tentang Penulis
tri rahmaeti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-14
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *