Wudani | Combretum indicum (L.) DeFilipps

Flora
Wudani | Combretum indicum (L.) DeFilipps
27 Juni 2015
3484

 Ceguk, Wudani | Combretum indicum (L.) DeFilipps

 

 

Wudani (Combretum indicum) tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara ini dapat ditemukan sampai ketinggian 600 m di atas permukaan air laut. Tersebar diseluruh Nusantara, tumbuh liar dihutan, ladang, semak belukar, kadang ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman obat. Pengembangbiakan tumbuhan ini dengan biji dan setek batang. eguk dikenal pula dengan nama dani, udani, wudani (Melayu), bidani (Sunda), kacekluk, kaceklik, ceguk, cekluk, wedani (Jawa), rabet dani (Madura), kunyi-rhabet, rhabet besi, sarandengan (Kangean), dan tikao (Bugis).

Ceguk (Combretum indicum) adalah tanaman perdu merambat, panjang 2-8 m. Daunnya tunggal, letak berhadapan, bertangkai pendek dengan helaian daun bulat telur memanjang sampai jorong, panjang daun 5-18,5 cm, sedangkan lebar 2,5-9 cm, ujungnya runcing, pangkal membulat, tepi rata, tulang daun menyirip, warna daun hijau. Bunga tersusun dalam bulir yang keluar dari ujung tangkai, mempunyai lima helai mahkota bunga yang warnanya dapat berubah dari mula-mula putih kemerahan menjadi merah keunguan, baunya harum. Buahnya bersegi lima, berbentuk memanjang dengan ujung dan pangkal menyempit, panjang buah 2-3 cm, rasanya seperti kelapa, bila telah masak buah berwarna coklat dan siap dipanen.

Sifat Kimiawi dan Efek Farmakologis Manis, hangat, beracun (toksik), berkhasiat sebagai obat cacing, melancarkan pencernaan, memperkuat limpa. 

Kandungan Kimia - Buah matang mengandung potassium quisqualata, sebagian besar lemak jenuh trigonelline dan puridine.Kulit buah dan daun mengandung potassium quisqualata.Bunga mengandung cyaniding monoglycoside. Daun dan tangkai mengandung tannin, saponin, sulfur, calcium oksalat, lemak, peroksidase, protein. Bagian yang Dipakai Terutama biji. Buah masak dijemur untuk disimpan. Akar dan daun dapat juga digunakan untuk pengobatan.

Kegunaan Sakit perut karena cacingan terutama ascariasis.Cacing kremi (oxyuriasis).Berat badan kurang pada anak (infutantile dyspepsia).Perut kembung pada disentri.Radang ginjal (nephitis).Peluruh dahak pada penderita batuk (expectorant).Sakit kepala.Penyakit kulit akibat parasit, jamur.

Sumber :

  • http://www.philippineherbalmedicine.org/niyog-niyogan.htm
  • http://keys.trin.org.au/key-server/data/0e0f0504-0103-430d-8004-060d07080d04/media/Html/taxon/Quisqualis_indica.htm
  • http://www.asianplant.net/Combretaceae/Combretum_indicum
  • https://toptropicals.com/catalog/uid/QUISQUALIS_INDICA.htm
  • http://www.ars-grin.gov/cgi-bin/npgs/html/taxon.pl?412158
 
Tentang Penulis
Arif Rudiyanto
Yayasan Kanopi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2015-07-08
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *