Wresah

Artikel
Wresah
Flora
2185
23 Maret 2015
Penulis
Nadia Putri Rachma
127
posting

Divisi     : Magnoliophyta
Kelas     : Liliopsida
Ordo      : Zingiberales
Famili     : Zingiberaceae
Genus    : Amomum
Spesies  : Amomum dealbatum

Wresah atau hanggasa (Amomum dealbatum) adalah sejenis tumbuhan aromatis anggota suku jahe-jahean (Zingiberaceae). Buahnya yang manis agak masam dan berbau harum khas biasa dimakan dalam keadaan segar; buah mudanya dimakan setelah direbus.

Deskripsi

Merupakan terna tahunan yang subur, bisa tumbuh hingga 3 m. Daun bentuk jorong atau jorong lonjong. sisi atasnya gundul, sisi bawahnya berbulu halus putih seperti beledu

Bunga majemuk tersusun dalam tandan hampir bulat, muncul dari rimpang dekat pangkal batang semu. Tabung mahkota sedikit lebih panjang dari kelopak, putih bentuk jorong. Labellum putih, dengan warna kuning di tengahnya dan coret kemerahan di pangkalnya, bentuk bundar telur,

Buah kotak berwarna hijau sampai keunguan, bulat telur,berbulu halus. Biji kecil-kecil, coklat kehitaman, hampir seluruhnya terbungkus dalam salut biji berdaging putih kelabu, banyak mengandung sari buah.

Manfaat

Buahnya terutama dimakan dalam keadaan segar, disukai karena salut bijinya yang mengandung banyak sari buah yang manis dan (kadang-kadang) agak masam rasanya. Umbut dan pucuk yang muda, perbungaan yang muda, serta buah muda sering direbus, sebagai sayuran atau dimakan dengan sambal. Yang digunakan untuk mencuci mata merah adalah pucuk daun wresah itu sendiri yang masih segar.

Cara penggunaanya:

ambil setengah pucuk daun wresah, cuci dulu sampai bersih dan siapkan wadah. Biasanya dipiring tempat makan karena agar lebih mudah nanti saat menggunakannya, amnil seperempat air gelas bersih, lalu pucuk daun wresah tadi dilumatkan dengan air tadi sampai halus, kemudian saring dulu dan tempatkan dipiring dan air perasan tersebut diteteskan ke mata yang sakit.

Produk dari India diperdagangkan sebagai kapulaga pengganti, setidaknya di masa lalu. Di Cina digunakan sebagai ramuan obat tradisional. 

Berkas:Amom dealbat 100122-0531 gmalg.jpg

Berkas:Amom dealbat 100122-0514 gmalg.jpg

Sumber: 

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Wresah
  • http://blogcampur25.bloginformasiteraktual.com/tips-membersihkan-mata-merah-dan-kotor-secara-alami/
0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *