Wood Wide Web: Jaringan Komunikasi Rahasia di Hutan

Article
Wood Wide Web: Jaringan Komunikasi Rahasia di Hutan
Forestry, Fungi, Other
213
22 February 2023
-
Author
rho-marascena
1
posting

Jaringan internet menjadi sangat penting bagi kehidupan manusia, karena memungkinkan manusia untuk bersosialisasi, membentuk komunitas, dan saling bertukar informasi. Namun, tahukah Anda bahwa hutan juga memiliki jaringan yang serupa?

 

Di bawah tanah, terdapat jaringan jamur yang disebut miselium, yang melekat pada tanaman (mikoriza) dan membantu tanaman dan pohon di hutan untuk “berkomunikasi” satu sama lain. Suzanne Simard, seorang ahli ekologi kehutanan, yang juga meneliti hal ini, mengatakan bahwa jaringan miselium adalah fondasi hutan. Beliau juga mengatakan bahwa pohon tidak hanya bertukar nutrisi, tetapi juga bertukar informasi mengenai bahaya hama yang akan menyerang tanaman di sekitarnya melalui sinyal kimia. Pertukaran data ini mirip dengan cara kerja internet pada umumnya, yaitu dengan bertukar data dan informasi. Sistem jaringan di hutan inilah yang disebut wood wide web.

 

Pohon yang paling tua atau yang sering disebut juga dengan “mother tree” memainkan peran yang lebih besar. Pohon-pohon ini mirip seperti server pada jaringan internet yang menjadi pusat jaringan. Pohon-pohon induk atau “mother tree” mempunyai jaringan jamur yang paling banyak pada akar-akar mereka untuk menyalurkan nutrisi dan sinyal pada “anak-anak” atau tanaman-tanaman muda di sekitar mereka. Bahkan Suzanne Simard mengatakan bahwa pohon induk ini dapat mengetahui pohon muda atau anak pohon yang satu spesies dengan mereka. Mirip seperti manusia pada umumnya, mereka akan memberikan nutrisi lebih kepada tanaman muda yang satu spesies dengan mereka.

Berbicara tentang jaringan, istilah hacking juga sering dibahas. Lewat wood wide web, tanaman tertentu seperti anggrek dapat “menghack” tanaman lain di sekitar mereka untuk mencuri nutrisi. Pohon lain seperti salah satu jenis walnut menyebarkan zat kimia beracun seperti virus untuk menyerang tanaman sekitarnya.

 

Bila kita mempelajari lebih dalam, kita akan menyadari bahwa ada banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari alam, bahwa alam pun juga berkomunitas serta bersosialisasi sama seperti manusia, saling membutuhkan satu sama lain. Lebih jauh lagi, kita akan menyadari bahwa semua yang ada di bumi ini benar-benar saling terhubung dan memiliki peran masing-masing dalam kehidupan.

 

Hal ini mengajarkan kita bahwa alam tidak hanya sekadar berisi makhluk hidup dan tanaman, tetapi juga memiliki sistem yang kompleks dan terorganisasi dengan baik. Dalam hal ini, jaringan miselium di hutan adalah salah satu contoh bagaimana alam membentuk jaringan untuk membantu makhluk hidup bertahan hidup. Jadi, tidak hanya manusia yang memerlukan jaringan untuk bertahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *