Waduk Sermo Kulon Progo

Kelautan
Waduk Sermo Kulon Progo
27 Mei 2016
2012

 

Air merupakan salah satu komponen kehidupan yang sangat penting sehingga saat ketersediaan air berkurang bahkan habis, kehidupan pasti akan terpengaruh. Untuk menjaga ketersediaan air pada suatu wilayah, setiap daerah mempunyai cara masing-masing. Salah satu cara yang umum digunakan adalah membuat waduk. Waduk yang ada di Pulau Jawa jumlahnya bisa dikatakan banyak. Salah satu waduk yang ada di Pulau Jawa adalah Waduk Sermo yang berada di kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta.

(Foto Waduk Sermo Kulon Progo. Foto oleh Rahmadiyono Widodo)

Waduk Sermo Kulon Progo menjadi lokasi simpanan air yang penting untuk wilayah Kulon Progo. Terletak berdekatan dengan Kawasan Konservasi Suaka Margasatwa Sermo, waduk Sermo juga menampilkan landscape yang menarik selain fungsinya yang menjadi penyimpan air. Disekeliling waduk adalah perbukitan yang indah, sehingga banyak masyarakat yang memanfaatkan waduk Sermo sebagai salah satu destinasi wisata terutama untuk menikmati keindahan alam dan juga sunset.

(Foto oleh Anggota Bionic)

Selain menjadi destinasi wisata, Waduk Sermo menjadi daya tarik bagi masyarakat yang memiliki hobi memancing. Di Waduk Sermo dapat dijumpai beberapa ikan, contohnya adalah ikan keluarga ikan Nila yang umumnya dipasaran disebut ikan Red Devil.

(Foto oleh Anggota Bionic)

(Foto : Ikan yang terpancing di Waduk Sermo. Foto oleh Anggota Bionic)

Tentang Penulis
Rahmadiyono Widodo
Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2022-01-17
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *