Udang Muara

Artikel
Udang Muara
Satwa
2807
3 Januari 2015
Fakultas Kehutanan
Penulis
Abednego Togatorop
110
posting

Sahabat Warriors, Udang di INdonesia memiliki beragam jenis. inilah merupakan keanekaragaman di negri kita pertiwi. jenis udang di Indonesia beragam serta adaptasi dan populasinya juga berbeda, atau bahkan dalam satu tempat saja pun beragam ditemukan spesies udang yang berbeda.
salah satu udang yang kembali saya bahas adalah udang muara, Udang muara pernah dibudidayakan oleh teman penulis di kampung halaman.
Udang Muara (Macrobrachium equidens), merupakan udang yang ditandai dengan warna kuning cerah dengan bercorak-corak batik dan tanduk moncong, yaitu tonjolan berbentuk pedang diantara dua mata, yang melengkung ke atas. Ketika udang ini masih muda, udang ini berwarna merah berselang kuning muda, panjangnya dapat mencapai 9cm.

sumber gambar: archive kaskus.

Udang muara tersebar  dengan populasi tinggi di muara-muara sungai di pulau-pulau Indonesia bagian barat. sering terdapat pulau di hulu sungai yang terletak di dataran rendah atau di laut di depan muara sungai, dengan populasi rendah.

Mengingat ukuran udang ini dan populasinya yang masih tinggi, maka udang muara mempunyai potensi baik sebagai sumber protein hewani. Udang ini ditangkap di daerah muara sebagai penghasilan tambahan. Sering pula udang muara ditankap dalam jumlah yang banyak di tambak-tambak dekat muara sungai. Udang Muara dipasrkan dalam keadaan segar.

Pembudidayaan belum pernah dikembangkan . Karena masih sekerabat dengan udang galah, ada kemungkinan daur hidupnya tidak banyak berbeda tingkat mudanya memerlukan air payau. Keterangan terperinci yang diperlukan dalam pembudidayaan masih harus ditelusuri.

sumber gambar : kkp.go.id

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *