Udang Galah

Artikel
Udang Galah
Satwa
2066
3 Januari 2015
Fakultas Kehutanan
Penulis
Abednego Togatorop
110
posting

UDANG GALAH (Macrobrachium rosenbergi), merupakan sejenis udang air tawar yang paling besar ukuran nya di Indonesia. Kalau penulis tidak salah panjang sekitar 15-25 cm. dan berat hanya berkisar 100-300gram. Penulis pernah membaca di koran bahwa pernah ditemukan udang Galah panjangnya berkisar 90 cm, udang ini ditemukan setelah terjadi genangan banjir di Jakarta. 

Udang Galah terutama tersebar di daerah hilir sungai yang airnya masih dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Didapati juga di hulu sampai 150 km dari muara sungai yang besar.

Udang ini sudah mulai dapat dikembangbiakkan dan dipelihara di tambak, kolam, sawah dan saluran irigasi. akan tetapi karena merupakan komoditi ekspor yang baik dan laris di pasar dunia dengan harga tinggi, penangkapan yang berlebihan dari alam masih dilakukan. Oleh karena itu menjaga kelestarian udang di alam masih perlu dilakukan. diperlukan tindakan tindakan untuk mengimbangi penangkapan yang berlebihan. salah satu tindakan ini adalah pengembangan pemeliharaan.

 

sumber gambar : margadotcom

 

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *