Tumbuhan Cheryy

Flora
Tumbuhan Cheryy
5 Maret 2020
561

Tumbuhan kersen (Muntingia calabura L) sering dikenal dengan "seri atau cherry". Di Itera sendiri banyak di jumpai tanaman tersebut. Dimana tanaman yang mempunyai bentuk pohon rindang tersebut sering di jadikan tempat mahasiswa-mahasiswa berkumpul, beristirahat, bercerita, maupun mengerjakan tugas. Kajian terhadap morfologi daun, bunga dan buah tumbuhan kersen dilakukan dengan tujuan untuk mengenal lebih dalam tentang karakteristik tumbuhan ini. Tumbuhan kersen ini sering digunakan sebagai pohon peneduh di pinggir jalan dikarenakan susunan daunnya yang rindang. Pemanfaatan kersen sebagai bahan obat-obatan dan pangan masih minim, hal ini disebabkan karena nilai ekonomisnya yang rendah dan juga pengetahuan tentang manfaat tumbuhan ini belum diketahui secara luas.

Manfaat daun kersen atau ceri yang paling terkenal adalah mampu menurunkan kadar gula pada tubuh, dan juga mampu mengeringkan luka yang diakibatkan dari kadar gula yang tinggi dan tak kunjung sembuh.

Sudah banyak para ahli herbal yang mengetahui manfaat daun kersen yang akhirnya dibuat menjadi ramuan herbal, yang salah satunya untk menyebuhkan penyakit seperti diabetes.

Daun kersen mungkin lebih terkenal buahnya jika dibandingkan dengan daunnya itu sendiri, karena memang buah kersen ini sangat manis rasanya. Padahal selain buahnya yang cukup enak untuk dimakan dan manis rasanya, ternyata daunnya memiliki kandungan yang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Kandungan yang ada di dalam daun: Alkaloid, Riboflavin, Karoten, Niacin, Protein, Saponin, dan masih banyak lagi.

Tidak jauh beda dengan daun lainnya yang dibuat sebagai obat herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Kamu bisa memanfaatkan daun kersen dengan cara merebus daun tersebut dan membuatnya seperti minuman teh. Dan kamu juga bisa mengganti minuman teh yang biasa kamu minum setiap harinya dengan air rebusan daun kersen.

Cara membuat minuman daun kersen:

– Ambil pucuk daun yang masih segar dan mudah, dan ambil satu genggam daun tersebut dan cuci hingga benar-benar bersih
– Lalu masukkan air bersih ke dalam panci sebanyak 3 hingga 4 gelas
– Kemudian masukkan daun kersen yang sudah kamu cuci bersih ke dalam panci
– Selanjutnya kamu rebus hingga air dalam panci berkurang menadi 1 gelas saja
– Lalu diamkan agar air rebusan daun ceri menjadi hangat dan agak dingin
– Kamu bisa mencampurnya dengan madu agar lebih enak ketika kamu meminumnya
– Kamu bisa mengganti minuman teh yang biasa kamu konsumsi setiap harinya dengan air rebusan daun tersebut untuk menyembuhkan beberapa penyakit yang kamu derita

Dengan banyaknya kandungan yang ada di dalam daun kersen tersebut, maka tidak heran jika banyak para ahli herbal yang memanfaatkan daun ini sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Dan berikut ini beberapa penyakit yang bisa disembuhkan hanya dengan meminum air rebusannya saja.

1. Mengobati penyakit diabetes

Daun kersen memang sangat terkenal untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Dengan secara rutin mengkonsumsi air rebusan daun kersen maka akan menurunkan gula darah yang tinggi. Lakukan konsultasi dengan ahli herbal, seberapa banyak harus mengkonsumsi air rebusan daun tersebut untuk menyembuhkan penyakit diabetes.

Kandungan di dalamnya yang dinamakan sebagai saponin itulah yang mampu menurunkan gula darah yang terlalu tinggi. Semakin rutin atau teratur mengkonsumsinya maka akan semakin cepat gula darah kamu turun. Akan tetapi kamu harus mengurangi mengkonsumsinya ketika gula darah kamu sudah mulai normal.

2. Menyembuhkan luka atau borok

Masih ada hubungannya dengan gula darah yang tinggi, tak jarang penderita diabetes ketika ada bagian terluka pada anggota tubuhnya sangat sulit untuk disembuhkan dan sangat susah kering luka tersebut. Dengan mengkonsumsi minuman air rebusan daun kersen maka luka tersebut akan berangsur-angsur mengering, dan juga kadar gula darah pun juga ikutan turun.

3. Mencegah kanker

Manfaat daun kersen ternyata sangat mampu untuk mencegah timbulnya kanker dalam tubuh, hal ini dikarenakan adanya kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah serta membunuh kanker yang ada di dalam tubuh. Dan caranya juga mengkonsumsinya daunnya yang masih muda dan dibuat sebagai minuman sehat.

4. Meredakan rasa sakit

Rasa sakit yang ditimbulkan dari peradangan dari penyakit bisa kamu redakan dengan meminum air rebusan daun kersen. Jadi daun ceri ini perannya hampir sama seperti obat asam mefenamat yang mampu meredakan rasa nyeri atau rasa sakit.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Dengan secara teratur meminum air rebusan daun kersen minimal 1 kali dalam sehari maka akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kamu. Dan akan lebih baik jika kamu meminumnya pada malam hari menjelang tidur jadi tidak ada lagi aktivitas yang kamu kerjakan. Maka obat herbal dari daun tersebut akan berfungsi dengan sangat baik.

Manfaat daun kersen memang sudah cukup memberikan banyak bukti terutama pada penderita diabetes. Daun kersen akan berfungsi menurunkan kadar gula yang ada di dalam tubuh dengan cepat. Apalagi jika kamu tunjang dengan pola makan yang sehat, maka untuk terhindar dari penyakit diabetes sangat memungkinkan.

Tentang Penulis
Serli Permatasari
Institut Teknologi Sumatera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2020-03-05
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *