Trulek Topeng

Artikel
Trulek Topeng
Satwa
1201
4 Januari 2015
Penulis
Bagus Satrio
173
posting

Trulek topeng (Vanellus miles), sebelumnya diketahui sebagai cerek topeng dan sering disebut cerek sayap-taji atau hanya cerek pada persebaran asalnya, burung ini besar, umum dan mencolok di asalnya, Australia, terutama pada bagian utara dan timur benua. Ia menghabiskan sebagian besar waktunya di tanah mencari makan seperti serangga dan cacing, dan memiliki beberapa panggilan khas. Berukuran 37 cm. Cerek yang tidak mungkin salah dikenali di dataran rendah terbuka Papua. Memiliki gelambir kuning besar di muka, dengan tubuh bagian bawah putih dan tubuh bagian atas coklat abu-abu. Tunggir putih dan pita di ekor hitam. Tengkuk ras novaehollandiae (burung pengembara untuk kawasan Papua) hitam.

Terdiri dari dua sub-spesies, dengan daerah persebaran:

  • miles (Boddaert, 1783) – kawasan Papua timur-laut & selatan, Kep. Aru sampai Australia utara; dimungkinkan sebagai pengunjung pada musim tidak berbiak di Sulawesi tenggara.
  • novaehollandiae (Stephens, 1819) – Australia timur & tenggara, Tasmania dan Selandia Baru.

Hidup secara berkelompok dalam kawanan besar di pedesaan yang terbuka: lapangan terbang, lahan yang dibajak, lahan penyenggutan. Burung yang ribut dan suka berkelahi, siap menyelam ketika pengganggu mendekati sarangnya. Mencari makan dengan gaya keluarga cerek yang khas (jalan-mematuk-matuk-jalan).

 

Photo by : Wikipedia

Source : Kutilang Indonsia, Wikipedia, Buku Panduan Identifikasi Burung Sumatera Kalimantan Jawa dan Bali

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *