tomat landak

Flora
tomat landak
27 Juni 2015
2204

 

  

 Tomat landak adalah tanaman sejenis tomat yang memiliki banyak duri. Nama landak diambil karena tanaman ini memiliki duri yang cukup panjang dan tajam seperti duri pada hewan landak.

   Tanaman ini berasal dari keluarga solanaceae.Tomat landak masih kerabat dekat dengan cabai, terong, dan kentang. Keempat tanaman tersebut dikelompokkan ke dalam satu genus yaitu solanum. Meskipun sama-sama jenis tomat, tomat berduri ini memiliki bentuk batang, daun dan bunga yang berbeda dengan tanaman tomat yang biasa digunakan untuk memasak, hanya bentuk buahnya yang hampir mirip.

  

 Daun tomat landak berwarna hijau agak keabu-abuan dan berbulu putih seperti kain beludru. Warna hijau pada daun tomat landak menjadi agak keabu-abuan karena tersamar oleh bulu-bulu halus yang menutupi seluruh permukaan daun.

   Batang tanaman tomat landak dipenuhi oleh duri berwarna kuning seperti pada helaian daun. Batang tomat landak bisa mencapai tinggi 1 meter dan bercabang banyak. Bentuk batang tanaman tomat landak adalah silinder dan tumbuh lurus ke atas saat tanaman masih muda serta mulai melengkung saat tumbuh dewasa.

 sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Tomat_landak

  1. "Plant Name Details". International Plant Names Index.
  2.  "Solanum pyracanthos". Rob's plants.
  3. ^ "Solanum pyracanthos". Encyclopedia of Life.
  4. Nugroho, Sumardi, Hartono, Issirep, Purnomo. Struktur dan Perkembangan Tumbuhan. Jakarta: Penebar Swadaya. ISBN 979-489-873-2.
  5. "8 Tanaman Unik dan Langka yang Jarang Ditemui". Berita Unik.

Tentang Penulis
eral jantua gurning

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-03-27
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *