TERUKUR

Artikel
TERUKUR
Satwa
1170
4 Januari 2015
Fakultas Kehutanan
Penulis
Abednego Togatorop
110
posting

TEKUKUR (Streptopelia chinensis trigina),
SAHABAT WARRIOR, pernah dengar nama burung ini? Burung ini memiliki kemiripan dengan burung merpati. Burung ini sering bersarang di hutan hutan primer Indonesia. Di kampung halaman penulis, burung ini pernah bersarang, hinggap di atas tiang listrik. Burung ini memiliki kemampuan yang dekat dengan manusia, namun kurun waktu 3 tahun terakhir, burung Terukur tidak lagi kami temukan di atas tiang listrik.

Burung ini sedikit lebih kecil daripada merpati. Warna bulunya umumnya kelabu kecoklatan yang merata di seluruh tubuh, ujung setiap bulu pada punggungnya kehitaman. Sayapnya bercorak hitam. Pada bagian kuduknya terdapat jalur melintang hitam dengan totol-totol putih.

TEkukur hidup di pohon, dalam lingkungan yang terbuka dan pernah juga punya populasi di tanah pertanian, atau dekat perkampungan di daerah dataran rendah. Biasanya berpasangan , tetapi kadang-kadang berkelompok empat atu lima ekor.

Makanannya biji-bijian atau buah-buahan yang kecil. Sarang dari burung ini dibuat dari ranting kayu yang kecil, biasanya diletakkan pada bagian pohon yang dekat dengan tanah.

sumber gambar : taking from wikipedia

sumber gambar : bioundip.ac.id

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *