Tawon Endas

Artikel
Tawon Endas
Satwa
4938
3 Januari 2015
Fakultas Kehutanan
Penulis
Abednego Togatorop
110
posting

SAHABAT BIO-WAR, 
Tawon Endas merupakan salah satu lebah yang paling sering dijumpai penulis saat melakukan pencarian kayu bakar di dekat perladangan sumatera utara. DIkarenakan sejenis lebah besar ini dapat ditemukan di dalam tanah atau pada bambu atau kayu kering.

Tawon Endas merupakan sejenis lebah besar, sebesar ibu jari kaki manusia, berwarna hitam gelap. Seluruh tubuh dan kaki, kecuali permukaan atas bagian perut, tetutup bulu hitam.

Menurut Buku yang pernah saya baca, Tawon Endas juga ditemukan di  dataran rendah Afrika bagian tropika, Malaysia. NAMUN, INDONESIA TETAP MEMEGANG NOMOR SATU SEBAGAI SPESIES LEBAH YANG MASIH BANYAK DITEMUKAN, salah satunya adalah TAWON LENDAS.

 Ulat yang ada di dalam sarang berwarna putih kekuning-kunigan, berbentuk lonjong hampir sebesar jari tangan. Ulat ini juga terkenal sebagai sumber protein.

Pembudidayaan tawon endas belum pernah dilakukan. untuk mengusahakannya dapat diberikan daur hisup, ekologi dan fisiologi serta tabiat-tabiat lain yang belum penulis sebut dalam usaha pembudidayaan.

 

    sumber gambar : wikipedia.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *