Tanaman Rambutan yang Serbaguna

Flora
Tanaman Rambutan yang Serbaguna
2 Juli 2016
1526

penulis: Santi Liawati

 

Hai teman-teman, kalian pasti tau kan dengan tanaman "rambutan"  (Nephelium lappaceum).

Banyak sekali macam-macam rambutan. Ada yang rasanya manis dan asam. Kalian tau? ternyata tidak hanya buah dan pohonnya saja yang dapat berguna dan bermanfaat. Ternyata daun dan buah yang masih kecil nya pun bisa dijadikan untuk pembuatan obat alami yaitu daunnya untuk obat panas dalam (demam) dan buahnya yang masih kecil bisa di jadikan obat untuk korengan. Daun rambutan yang dapat di jadikan obat ialah daun yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.

Cara pembuatan obatnya pun tidak pada susah kok.

1. Panas dalam (demam)

Kita ambil beberapa lembar daun rambutan, cuci semua hingga bersih. Setelah itu remas-remas dan tambahkan air sebanyak 1 gelas untuk 2 kali minum. Kemudian saring untuk memisahkan ampas dan airnya. Minum 2 kali sehari pagi dan malam. Lakukan hingga benar-benar sudah membaik.

2. Korengan

Ambil beberapa buah rambutan yang masih muda-muda cuci hingga bersih, kemudian tumbuk hingga halus dan tempelkan pada korengan.

Ternyata tidak hanya buahnya yang sudah matang yang manis dan enak. Pohonnya yang dapat di jadikan kayu untuk bahan bangunan dan kayu bakar serta Daun dan buahnya yang muda  dapat di jadikan untuk obat.

sungguh luar biasa bukan. Semoga bermanfaat

Tentang Penulis
Santi Liawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-02
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *