Takur ungkut-ungkut

Satwa
Takur ungkut-ungkut
24 Oktober 2014
1563

Deskripsi
Berukuran kecil 915 cm), bermahkota merah. Ras-ras bervariasi. Dewasa dari Sumatera delica: mahkota dan dada merah; pipi, dan alis kuning, setrip hitam yang melewati mahkota memisahkan muka yang merah-kuning dengan tengkuk yang hijau kebiruan. Ras Jawa dan bali rosea: mahkota, alis, pipi, tenggorokan, dan dada atas merah padam. Punggung, sayap, dan ekor hijau kebiruan. Tubuh bagian bawah putih kotor, penuh dengan coretan hitam. Remaja: kepala tanpa warna merah dan hitam, berbercak kuning di bawah mata dan dagu.

Tempat hidup dan Kebiasaan
Penetap yang tersebar luas di hutan dataran rendah sampai ketinggian 1000 m. Kebiasaan mirip takur lain, lebih menyukai habitat yang lebih terbuka seperti hutan terbuka, kebun, taman kotam dan perkebunan. Pada pagi hari beberapa burung dapat berkumpul (sampai 6 individu) untuk bersuara bersama dari atas sebuah batang kering. Memakan buah-buahan terutamna kiara dan beberapa macam serangga.
Bersarang pada lubang pohon seperti burung bultok lainnya, dengan kedalaman lubang sampai 40 cm. Telur dua butir berwarna putih. Di Jawa masa berbiak yang utama pada bulan Mei tetapi dapat terjadi sepanjang tahun dari bulan April sampai Oktober.

Tentang Penulis
haris husein

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2019-08-08
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *