Srigunting Sumatera

Artikel
Srigunting Sumatera
Satwa
1767
3 Januari 2015
Penulis
Bagus Satrio
173
posting

Srigunting Sumatera adalah burung yang termasuk kedalam Famili Dicruridae. Burung ini Endemik di Sumatera yang termasuk di dalam Indonesia. Habitat aslinya Hutan Dataran Rendah di Subtropik dan Tropik.

Besar (29 cm.), berbulu hitam mengkilap dengan ekor sedikit menggarpu dan lebar.
Iris merah; paruh dan kaki hitam.
Mirip dengan Srigunting Jambul-rambut, bedanya ukuran Srigunting sumatera lebih kecil; tidak memiliki jambul yang seperti rambut panjang; ekor lebih pendek dengan bulu terluar sedikit melengkung; paruh lebih pendek; dan bintik-bintik mengkilapnya lebih sedikit.

Endemik atau hanya diketahui hidup di Sumatera dan pulau-pulau satelitnya.
Terdiri dari 2 sub-spesies, dengan daerah persebaran:

  • sumatranus (R. G. W. Ramsay, 1880): Dataran tinggi di Sumatera (Dataran tinggi Batak dan Bukit Barisan, dari Aceh ke selatan sampai Gunung Kaba, di Bengkulu).
  • viridinitens ( Salvadori, 1894): Kepulauan Mentawai (Siberut, Sipura, Pagai utara dan selatan), di ujung barat Sumatera.

Catatan:
Taksonomi: beberapa pakar memasukkan Srigunting sumatera dan Srigunting Jambul-rambut sebagai ras atau anak jenis dari Srigunting lencana.

Sering teramati di hutan dataran rendah dan hutan sekunder, terutama pada bagian yang paling kering. Memiliki kebiasaan yang mirip dengan Srigunting jambul-rambut. Makanan utama serangga. Menyerang secara tiba-tiba dari tempat tengger. Kadang terlihat berpose seperti burung pelatuk pada cabang pohon yang vertikal, kemudian melompat cepat ke koloni semut dan memakannya. Biasanya tergabung dalam kelompok burung campuran pemakan serangga.

 

Photo by : Srigunting Sumatera, Bukit Tapan, Sumatra © James Eaton

Source : Kutilang Indonesia, BirdLife, Burung Indonesia, Orieantal Bird Club

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *