sound frog

Artikel
sound frog
Satwa
259
23 Maret 2022
UNMUL/MAPFLOFA
Penulis
gresyamunda
16
posting

Menurut Duelman & Trueb (1994) suara anura/ katak digolongkan kedalam 4 tipe suara yaitu:

  1. Advertisement call: umumnya diketahui sebagai panggilan untuk kawin.
  2. Reciprocation call : dihasilkan oleh betina sebagai tanggapan terhadap suara (advertisement call) yang dikeluarkan oleh jantan.
  3. Relese call : suara yang merupakan sinyal untuk melakukan atau menolak amplexus yang dikeluarkan oleh individu jantan dan betina.
  4. Distrees call : suara yang sangat pelan yang dikeluarkan oleh individu jantan dan betina sebagai respon terhadap gangguan. Menurut F.Inger dkk 2017 dalam bukunya mengatakan bahwa katak lebih sering di dengar dibandingkan dengan dijumpai secara lansung. selain dari pada itu katak  yang sering didengarkan adalah katak jantan. suara katk juga sanat bervariasi dari segi frekuensi suara bahkan suara katak bisa mencapai frekuensi yang  maksimal yaitu 7000Hz dari spesies Odorana hosii merupakan frekuensi suara yang jauh lebih tinggi dari yang diperkirakan dari ukuran tubuhnya sendri.

pada video  tersebut memperlihatkan salah satu spesies kalimantan  yang diambil di kawasan Hutan Lindung Sungai Wain, Balikpapan, Kalimantan Timur. spesies yang berada pada video tersebut yaitu “Kurixalus appendikulatus  (chaseni)

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *