Sikatan Dada-Merah

Artikel
Sikatan Dada-Merah
Satwa
1780
10 Desember 2014
Penulis
Panji Azis
112
posting

Deskripsi
Burung berukuran 11 cm., dengan dominasi warna hitam, jingga, dan putih. Tubuh bagian atas burung jantan berwarna hitam; dengan alis, garis sayap, dan pinggir pangkal ekor berwarna putih. Dagu kemerah-jambuan, dada dan sisi-perut jingga, sementara perut dan tunggingnya berwarna putih. Mirip dengan burung jantan Sikatan mugimaki, dibedakan oleh paruh yang lebih panjang, punggung lebih gelap, dagu lebih pucat, alis mata yang (biasanya) lebih panjang, dan garis putih-pucat pada sayap lebih menonjol.
Tubuh bagian atas burung betina berwarna coklat; dengan kekang kuning-tua yang membedakannya dengan burung betina Sikatan mugimaki. Tubuh bagian bawah berwarna sama dengan burung jantan namun lebih pucat.
Iris coklat, paruh kecoklatan, Kaki abu-abu.

Tempat hidup dan Kebiasaan
Hidup berpasangan, menghuni hutan primer di dataran rendah dan perbukitan sampai ketinggian 1500 mdpl. Agak pendiam dan mencari makan di dekat tanah. Memakan kumbang, lalat, ulat kupu-kupu, kecoa, laba-laba. Di Jawa Barat tercatat bersarang dalam bulan Agustus dan September. Telur dua butir berwarna biru pucat.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *