Si mata merah, Aplonis panayensis atau Perling kumbang (Asian Glossy Starling)

Satwa
Si mata merah, Aplonis panayensis atau Perling kumbang (Asian Glossy Starling)
25 Maret 2020
1840

Sangat menarik, pada saat melakukan monitoring Avifauna ditemukan salah satu jenis burung yang jarang ditemukan diareal tersebut yaitu Aplonis panayensis atau Perling kumbang (Asian Glossy Starling). Lokasi monitoring dilakukan di Sekitar Sungai Karang Mumus (Sub DAS mahakam) anak Sungai Mahakam, Samarinda Kalimantan Timur.

Aplonis panayensis atau Perling Kumbang (Asian Glossy Starling) tersebar luas di Asia Selatan dan Asia Tenggara yang dimana burung ini hidup berkelompok, kerap datang pergi dan menetap di area perkotaan (urban) yang memiliki pohon berbuah kecil, Namun habitat aslinya yaitu di hutan tropis dataran rendah.

Temuan jenis burung ini ialah individu remaja Aplonis panayensis atau Perling kumbang yang memiliki ciri-ciri; Berukuran sedang sekitar 20 cm, bagian perut berwarna putih dengan corak hitam, bagian punggung berwarna hitam-kecoklatan dengan corak warna hitam, dan pada bagian mata berwarna merah.

Klasifikasi

  • Kerajaan  : Animalia
  • Filum            : Chordata
  • Kelas            : Aves
  • Ordo             : Passeriformes
  • Famili           : Sturnidae
  • Genus          : Aplonis
  • Spesies        : Aplonis panayensis

Ukuran populasi belum diukur, tetapi tidak diyakini mendekati ambang batas untuk Rentan di bawah kriteria ukuran populasi ( 10% dalam sepuluh tahun atau tiga generasi, atau dengan yang ditentukan struktur penduduk). Maka dari itu IUCN redlist memasukan jenis ini kedalam status konservasi Least Concern (LC, Resiko rendah).

(sumber foto: azok/@MAPLFOFA/fahutan_unmul)

Tentang Penulis
Alfiandy Nasrullah
Universitas Mulawarman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2020-03-28
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *