Sengon

Artikel
Sengon
Flora
1736
14 Juni 2015
Fakultas Kehutanan
Penulis
Abednego Togatorop
110
posting

Sengon (Paraserianthe falcataria) merupakan pohon peneduh dan penghasil kayu yang sangat popular di Indonesia. Pohon yang memiliki tinggi kisaran 30-45 cm ini mampu menghasilkan buah dan jenis kayu yang sifatnya ekonomis. Saat ini bisnis Sengon menjadi salah satu target utama pengusaha kayu juga pengusaha mikro kecil dan menengah. JEnis Pohon ini salah satu jenis pohon yang menggugurkan daunnya, dengan papagan halus, dan bagian luar abu-abu gelap dengan tipe gigir yang melintang,berlentisel dan tipis. untuk papagan dalam setebal 5 mm, merah jambon dan berambut.

Paraserianthes falcataria sijumpai secara alami di hutan luruh daun campuran di wilayah lembab sekitar 1.000 sampai dengan 5.000 mm per tahun. Jenis Pohon Sengon ini bisa tumbuh di Hutan Alam, Hutan tropis dan Hutan Sekunder atau kisaran 1800 mdpl.

Sengon yang setelah diteliti oleh pakar ilmu tanah yang dapat tumbuh dengan jenis tanah pH tinggi,mengandung garam, atau untuk tipe tanah aluvial sangat cocok untuk tumbuh dan berkembang.

Sahabat Warrior, Sengon memiliki kayu yang ringan, tapi jangan salah kekuatan dan keawetan jenis kayunya digolongkan ke dalam kelas kuat III-IV. BEberapa tipe pohon sengon banyak dimanfaatkan dalam skala yang besar. Papagan dalam dan Papagan luar pohon ini bisa dimanfaatkan secara menyeluruh. 

gambar I,II. biji Sengon

sumber : own photos (diambil saat praktikum pengunduhan buah di Fakultas Kehutanan,USU)

Oleh :
Abednego togatorop

(Student of the Faculty of Forestry, USU)

 
0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *